Mengenal I Ching Karya Klasik China Kuno

I Ching adalah buku paling awal dan paling penting dari teks-teks Tiongkok kuno yang disebut Lima Karya Klasik. Buku ini juga dikenal sebagai Kitab Perubahan. I Ching juga telah mempengaruhi pemikir di luar Tiongkok, terutama di Jepang dan Korea.

I ChingI Ching mungkin berasal dari masa awal Dinasti Zhou (sekitar 1045-256 SM). Dalam bentuknya yang paling awal, buku ini digunakan untuk memprediksi masa depan. Buku ini mengandung figur-figur yang terdiri atas garis yang putus dan tak putus. Garis-garis ini kemudian dikombinasikan untuk membentuk angka simbolik yang disebut trigram. Seiring waktu berlalu, delapan trigram diciptakan, masing-masing mewakili kualitas dan konsep tertentu. Sebagai contoh, tiga garis tak terputus, yang disebut trigram Qian, melambangkan kreativitas, kekuatan, surga, dan ayah.

Akhirnya, trigram dipasangkan untuk membentuk 64 figur enam garis yang disebut heksagram. Interpretasi tertulis ( disebut penilaian ), menjelaskan pentingnya setiap heksagram. Setiap garis, dimulai di bagian bawah, diberi makna atau pesan untuk memandu perilaku.

Trigram

Seseorang yang ingin berkonsultasi pada I Ching harus mengikuti ritual khusus yang melibatkan melempar tongkat atau koin khusus untuk memilih heksagram. Heksagram ini kemudian ditafsirkan dengan mengacu pada catatan yang sesuai dalam I Ching. Hanya orang yang memiliki pengetahuan luas tentang I Ching yang bisa menafsirkan heksagram tersebut.

Pada 500 SM, I Ching telah menjadi buku filsafat alih-alih sekedar panduan peramal. Filsuf Tiongkok Konfusius mengajarkan I Ching sebagai buku kebijaksanaan moral. Pengikutnya menulis tafsiran I Ching yang dikenal sebagai Sepuluh Sayap. Dalam sejarah Tiongkok kemudian, Sepuluh Sayap ini dijadikan sebagai dasar untuk teori-teori filosofis yang penting.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s