Bagaimana Penguin Kaisar Melindungi Diri?

Penguin kaisar dapat ditemukan hidup di habitat alami mereka di Antartika. Di musim dingin, suhu bisa turun hingga minus 76 derajat Fahrenheit dengan angin dingin. Penguin kaisar adalah yang terbesar dari semua spesies penguin, mencapai tinggi sekitar 45 inci dan berat maksimum sekitar 88 pound.

Penguin KaisarPredator yang mengancam penguin kaisar di alam liar antara lain hiu, paus pembunuh, anjing laut dan burung, seperti petrel raksasa Antartika. Selain dari predator, ancaman utama bagi penguin kaisar adalah paparan suhu yang sangat dingin. Penguin kaisar adalah satu-satunya spesies penguin Antartika yang tetap di wilayah tersebut di sepanjang periode terdingin musim dingin.

Penguin kaisar terekspos pada ancaman predator ketika mereka mencari makanan, seperti ikan dan krustasea di dalam air. Predator utama penguin kaisar adalah anjing laut macan tutul. Warna bulu penguin membantu mereka untuk menghindar dari deteksi predator ketika mereka di bawah air. Jika predator melihat ke bawah pada penguin kaisar, bulu gelap di punggungnya membantu untuk menyamarkannya dengan kedalaman gelap samudera di bawah.

Jika predator berenang di bawah dan mendongak, bulu putih pada tubuh penguin membantu mereka untuk menyamarkan diri dengan warna langit di atas permukaan air. Kecepatan juga merupakan pertahanan yang penting bagi penguin kaisar. Di bawah air, mereka bisa berenang dengan kecepatan hingga 9,3 mil per jam.

Adaptasi fisik dan perilaku membantu penguin kaisar untuk bertahan hidup di iklim Antartika yang keras. Penguin meringkuk bersama-sama dalam kelompok besar untuk menjaga tubuh tetap hangat. Ketika penguin dari dalam kerumunan telah cukup hangat, mereka pindah ke luar kelompok untuk membiarkan salah satu penguin yang kedinginan bergerak ke dalam dan menghangatkan diri. Penguin kaisar memiliki empat lapisan bulu. Bulu halus yang tahan air menutupi lapisan bulu dalam. Lapisan tebal lemak memberi perlindungan tambahan bagi penguin kaisar melawan dingin.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s