Mengenal Karakteristik Orangutan

Orangutan tergolong ke dalam kelompok mamalia yang disebut primata. Orangutan merupakan hewan yang unik karena memiliki gestur tubuh yang diperkirakan memiliki makna khusus, serta di pahami oleh orangutan lainnya untuk berkomunikasi. Mereka adalah anggota keluarga  Hominidae, yang juga terdiri atas gorila, bonobo, dan simpanse. Orangutan memiliki genus sendiri yaitu Pongo, dengan mereka sebagai anggota genus tersebut satu-satunya. Bahkan, nama mereka berasal dari bahasa Indonesia yang berarti “orang hutan.”

orangutan thinkOrangutan adalah satu-satunya kera besar asli Asia. Mereka hanya ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan di Indonesia. Semua kera besar lainnya hidup di belantara Afrika. Ada dua spesies orangutan, yakni Sumatera dan Kalimantan. Orangutan Kalimantan dibagi menjadi tiga subspesies.

Orangutan lebih memilih untuk hidup di hutan dataran rendah di mana makanan favorit mereka, buah, melimpah. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohon dan mereka adalah hewan arboreal atau penghuni pohon terbesar di bumi. Orangutan secara unik beradaptasi dengan jenis kehidupan ini. Lengannya yang panjang, tangan dan kakinya yang memanjang, serta kekuatannya yang luar biasa membantu mereka memanjat dengan mudah di antara cabang-cabang yang tinggi.

Warna rambut orangutan bervariasi dari coklat karat hingga oranye terang. Pejantan dewasa liar memiliki berat sekitar 190 pon (86 kilogram), sedangkan betina dewasa liar biasanya setengah dari ukuran itu, dengan berat sekitar 88 pon (40 kilogram).

Ada dua bentuk pejantan dewasa, biasanya diistilahkan berflensa dan tidak berflensa. Pejantan berflensa memiliki bantalan pipi (flensa), kantung tenggorokan, rambut panjang, dan jenggot panjang. Mereka juga mengeluarkan suara panggilan yang terdengar melalui hutan. Panggilan ini menarik betina dan memperingatkan pejantan laki saingannya. Pejantan tak berflensa tidak memiliki sifat-sifat fisik seperti itu dan tidak membuat suara panggilan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s