Negara Pakistan dan Kelompok Etnisnya

Pakistan, di Asia Selatan, adalah sebuah negara muda di tanah kuno. Wilayah yang sekarang menjadi negara Pakistan memiliki sejarah selama ribuan tahun hingga peradaban Lembah Indus, yang sisa-sisanya masih bisa dilihat. Tapi negara Pakistan modern pertama kali didirikan pada tahun 1947. Negara ini diciptakan dari daerah kerajaan Inggris di India yang memiliki mayoritas penduduk Islam.

Masyarakat Kalash

Masyarakat Kalash

Ketika Pakistan mendapat kemerdekaannya, negara ini terdiri atas dua bagian, yaitu Pakistan Barat dan Pakistan Timur. Keduanya dipisahkan oleh sekitar 1.000 mil (1.600 kilometer) dari wilayah milik India. Pada tahun 1971, setelah terjadinya perang sipil dan perang antara Pakistan dan India, Pakistan Timur memisahkan diri dari Pakistan. Daerah ini mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai negara Bangladesh.

Penduduk asli Pakistan adalah keturunan orang-orang yang tiba di wilayah ini, baik sebagai penakluk atau pemukim, dalam sejarah panjang. Ada empat kelompok etnis utama di Pakistan, yang secara tradisional telah menghuni daerah yang sekarang membentuk empat provinsi negara.

Kelompok terbesar adalah Punjabi. Mereka membentuk hampir 45 persen dari populasi Pakistan dan hidup terutama di dataran Punjab. Kelompok terbesar kedua, Pashtun, memiliki keterkaitan dengan orang dari tetangga Pakistan, Afghanistan. Mereka tinggal terutama di pegunungan Provinsi Perbatasan Barat Laut. Kelompok Sindhi menempati provinsi selatan Sind. Kelompok Baluchi terdiri atas banyak suku nomaden. Mereka mendiami Baluchistan, provinsi terbesar tapi paling sepi dari empat provinsi Pakistan yang terletak di barat daya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s