Bahasa dan Agama Penduduk Kepulauan Pasifik

Kepulauan Pasifik adalah rumah bagi sekitar 20 persen dari bahasa di dunia. Melanesia memiliki keragaman bahasa terbesar di kawasan itu. Sekitar 850 bahasa digunakan di Papua Nugini saja. Lebih dari 100 bahasa digunakan di Vanuatu dan Kepulauan Solomon. Sekitar 15 bahasa digunakan di Mikronesia, dan sekitar 30 bahasa di Polinesia.

Orang MelanesiaSelain bahasa asli, banyak penduduk Kepulauan Pasifik berbicara dalam bahasa China, Inggris, Perancis, Hindi, atau Jepang. Keragaman bahasa mencerminkan masa kolonial di kawasan itu. Bahasa Inggris adalah bahasa yang dominan di utara dan selatan. Bahasa Perancis digunakan secara luas di Polinesia Perancis, Kaledonia Baru, dan Wallis dan Futuna. Bahasa Spanyol dituturkan di Pulau Paskah.

Beberapa masyarakat Pasifik -termasuk orang Fiji, Hawaii, Polinesia Prancis, Nauru, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu- telah mengembangkan bahasa campuran sederhana yang disebut sebagai bahasa pidgin. Bahasa ini memberikan sarana bagi orang-orang yang berbicara dalam banyak bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain.

Agama. Sebelum kedatangan orang Eropa, pulau-pulau ini memiliki sejumlah agama, semua didasarkan pada keyakinan pada berbagai dewa atau roh. Kebanyakan agama memiliki mitologi yang kompleks yang berpusat pada cerita tentang penciptaan bumi dan hubungan antara dewa dan manusia.

Kristen telah menjadi agama yang paling banyak dipeluk di Oceania sejak akhir 1800-an. Populasi orang Asia di Pasifik kebanyakan memeluk Budha atau Kristen. Sebagian besar penduduk Indian Fiji memeluk Hindu, dan lainnya memeluk Kristen, Islam, dan Sikh. Islam dan ajaran Baha’i juga telah mendapatkan pemeluk di pulau-pulau tersebut.

Kepercayaan dan ritual tradisional melibatkan musik, tari, makanan dan pertukaran makanan, dan upacara lainnya juga masih ada, terutama di Melanesia. Di pulau-pulau lain, praktek ini sering dicampur dengan agama Kristen. Hampir semua penduduk pulau menghormati nenek moyang mereka dalam berbagai cara.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s