Kehidupan dan Lingkungan Jaguar

Jaguar adalah hewan yang soliter dan sekretif. Mereka hanya datang bersama-sama untuk berpasangan. Hal ini dapat terjadi setiap saat di sepanjang tahun. Sekitar 100 hari setelah bereproduksi, betina akan melahirkan anaknya, satu sampai empat ekor pada satu waktu. Ketika anak jaguar berusia sekitar 6 bulan, mereka mulai menemani ibu mereka dalam perburuan. Mereka akan tinggal bersama ibu mereka selama sekitar dua tahun.

Hewan JaguarJaguar aktif terutama di malam hari. Mereka kadang-kadang menunggu di cabang-cabang pohon sampai mangsa datang, dan kemudian mereka akan menerkamnya. Jaguar akan makan binatang apa pun yang dapat mereka tangkap. Di antara mangsanya adalah rusa, peccary (hewan seperti babi), reptil, hewan pengerat, dan burung. Mereka kadang-kadang menyerang dan membunuh ternak.

Jaguar tidak menghindari air seperti kucing lainnya. Mereka adalah perenang yang baik dan juga bisa menangkap ikan. Jaguar hidup sekitar 17 tahun.

Jaguar dianggap sebagai spesies yang terancam punah. Tapi jumlah yang tepat dari jaguar di alam liar tidak bisa dipastikan. Hal ini disebabkan perilaku sekretif/rahasia mereka. Mereka jarang terlihat. Peneliti menggunakan kamera otomatis untuk menangkap foto-foto kucing besar ini untuk keperluan studi.

Manusia adalah ancaman terbesar bagi jaguar. Hewan-hewan eksotis ini dibunuh untuk melindungi ternak. Mereka juga diburu untuk diambil lapisan bulunya yang indah. Dan mereka kehilangan habitatnya karena dijadikan lahan pertanian, penebangan, dan pengembangan oleh manusia.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s