Perbedaan Monyet dan Kera

monyet-kera-sakti

Kera dan monyet sering sekali membingungkan kita, monyet itu yang mana dan apa itu kera,,ya kan? atau cuma saya saja nih  jangan-jangan yang bingung hehehehe,  penggunanaan istilah ini cukup membingungkan dan  kadang-kadang digunakan secara sinonim. contohnya, simpel saja.. kera sakti, pernah saya lihat kera sakti di tipi saat sedang di latih pada pertunjukan monyet jalanan, loncat kesana kemari bergerak sesuka hati atau saat bermain dengan monyet-monyet lainnya ( maaf lho sebelumnya saya ndak bermaksud menyindir mas atau mbak-mbak sekalian, maaf  sebelumnya ^ __^) , trus kok ndak disebut monyet sakti tetapi kera sakti,…nah lho, lagian judul asli dari kera sakti itu Monkey King – Journey to The West, terus apa perbedaannya dong monyet dan kera, oke ini penjelasannya :

Walaupun keduanya baik kera maupun monyet merupakan primata, mereka berada pada kelas yang sama sekali berbeda dalam dunia hewan. Kebingungan muncul karena kesamaan dalam tampilan kedua kelompok tersebut. Meskipun mereka sering disebut monyet, simpanse dan siamang sebenarnya kera, sebagaimana juga gorila dan orangutan. Demikian pula, monyet juga sering salah digolongkan sebagai kera.

Ada banyak spesies monyet dan mereka bervariasi dalam ukuran dan tampilannya. Beberapa hidup di pohon-pohon dan beberapa lainnya di atas tanah, dan pola makan mereka bervariasi mulai dari serangga hingga buah dan daun. Kebanyakan monyet memiliki ekor sedangkan kera tidak memiliki ekor.

Disamping itu kera memiliki gigi yang lebih banyak dari monyet serta memakan baik itu daging maupun tumbuhan. Mereka juga memiliki lebih banyak sendi bahu yang fleksibel untuk digerakkan serta lengan untuk penyangga tubuh (yaitu, untuk berayun
dari pohon ke  pohon), yang sebagian besar tidak dapat dilakukan oleh monyet . Namun, punggung kera tidak bergerak se-fleksibel monyet, yang cenderung berjalan di sepanjang cabang-cabang pohon dan memiliki bentuk kerangka menyerupai kucing dan anjing. Kedua hewan ini memiliki mata yang menghadap ke depan.

Kera juga mampu menggunakan alat, memiliki budaya sosial yang kompleks, jauh lebih cerdas daripada monyet dan memiliki bahasa yang mengesankan serta memiliki kemampuan untuk mempelajari sesuatu.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s