Andrew Jackson, Presiden AS yang Lahir di Pondok Kayu dan Hobi Berkelahi

Andrew Jackson (1767-1845) adalah presiden ketujuh AS dan presiden pertama yang lahir di sebuah pondok kayu. Andrew lahir pada tanggal 15 Maret 1767, entah di North Carolina atau South Carolina -tak ada yang tahu pasti. Jackson percaya bahwa ia lahir di peternakan pamannya, James Crawford, di pemukiman Waxhaw, South Carolina. Rumah Crawford berdiri di sisi barat jalan raya yang membentuk batas antara North Carolina dan South Carolina pada waktu itu.

Andrew JacksonOrang tua Jackson, Andrew dan Elizabeth Hutchinson Jackson, adalah adalah petani miskin dari Irlandia Utara. Mereka berlayar ke Amerika pada tahun 1765 dengan dua anak pertama mereka, Hugh dan Robert. Mereka membangun sebuah pondok kayu dan mulai bertani. Ayah Andrew meninggal dunia pada tahun 1767, tak lama sebelum Andrew, anak ketiga, lahir. Ibu Jackson dan anak-anaknya pindah ke rumah pondok kayu Crawford. Jane Crawford adalah adik Ibu Jackson.

Andrew muda cukup temperamen. Ia dibesarkan di antara orang-orang yang siap bertarung setiap saat untuk membela kehormatan mereka. Hal ini menyebabkan Andrew terlibat banyak perkelahian. Setiap anak yang berani membuat lelucon tentang Andrew akan diajaknya berkelahi. Seorang teman sekolahnya bercerita bahwa Andrew “tidak akan pernah menyerah,” bahkan ketika anak lain sudah menyungkurkannya di tanah.

Andrew bersekolah di Waxhaw Presbyterian Church. Ibunya berharap ia akan menjadi seorang pendeta. Pada usia 11 tahun, Andrew dikirim ke sekolah asrama di terdekat. Ia belajar membaca, menulis, tata bahasa, dan geografi. Tapi olahraga dan tanding peliharaan ayam menguasai banyak waktunya ketimbang belajar. Andrew sempat menulis “Memorandum” tentang “Cara memberi makan ayam Anda sebelum ditandingkan.” Itulah kehidupan awal Andrew Jackson.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s