Sejarah Singkat Bill Gates dari Era 90-an

Pada pertengahan dekade 1990-an, orang menemukan internet. Komputer pribadi dan perangkat lunak menjadi semakin penting di tempat kerja dan di rumah. Sistem video game, seperti Microsoft Xbox, juga menjadi populer. Saat itu pula, sistem operasi Windows buatan Microsoft sudah menjadi sangat terkenal.

GatesPada tahun 1998, Departemen Kehakiman AS dan 20 negara bagian AS mengajukan gugatan terhadap Microsoft, dengan menyebut beberapa praktek bisnis yang tidak adil terhadap para pesaingnya. Microsoft setuju dengan beberapa konsesi untuk pesaingnya. Pada tahun 2002 gugatan itu diselesaikan.

Gates menikah dengan rekan kerjanya Melinda French pada tahun 1994. Mereka memiliki tiga anak dan tinggal di Medina, Washington. Pada tahun 2000, pasangan ini mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation, yang terbesar di dunia. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan pendidikan global. Di Amerika Serikat dan Kanada, Bill and Melinda Gates Foundation menghadirkan komputer, akses internet, dan pelatihan untuk perpustakaan umum untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada tahun 2006, Gates mengumumkan ia tidak akan lagi menjadi kepala arsitek software Microsoft tapi akan tetap menjadi ketua dan masih memandu pengembangan dan penelitian. Pada tahun 2008, ia menyerahkan jabatan di perusahaan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di yayasan amalnya. Gates adalah penulis The Road Ahead (1995) dan Business @ the Speed of Thought (1999).

Pada tahun 2014, Gates mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft. Anggota Dewan John Thompson menggantikannya. Gates terus aktif di Microsoft sebagai penasihat-teknologi baru untuk CEO Satya Nadella.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s