Komentar Sinopsis Film The Tale of the Princess Kaguya

The Tale of the Princess Kaguya

The Tale of the Princess Kaguya merupakan sebuah film animasi yang diproduksi oleh Studio Ghibli dan di sutradarai oleh Isao Takahata. Pria dengan usia 80 tahunan ini, telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dengan karya-karya ilustrasinya yang legendaris dan perfeksionis. Sosok yang juga salah satu pendiri Studio Ghibli (bersama dengan Steven Spielbergnya Jepang di dunia ilustrasi, Hayao Miyazaki), melakukan sebuah kejutan karya yang mendapat pengakuan luas dari para pemerhati perfilman internasional dengan filmnya yaitu The Tale of the Princess Kaguya.

The Tale of the Princess Kaguya merupakan film ke lima Isao Takahata di bawah bendera Studio Ghibli, dan juga merupakan film pertama yang ia buat setelah 14 tahun sejak filmnya “My Neighbors The Yamadas” di tahun 1999. Film The Tale of the Princess Kaguya merupakan karya seni animasi yang mencengangkan yang berdasarkan dari kisah rakyat Jepang yang sangat lama, yaitu kisah pemotong bambu, atau nama lainnya kisah putri Kaguya.

The Tale of the Princess Kaguya 1

The Tale of The Princess Kaguya merupakan sebuah film yang di sajikan dengan konsep sederhana dan juga memiliki alur yang dapat membuat para penikmat film ini merasa tenggelam di dalam emosi yang ingin di tampilkan, sebuah keindahan visual yang tak berujung dengan konsep gambaran minimalis serta variasi elemen yang indah. Film Ini adalah karya seni yang akan di diskusikan hingga puluhan tahun yang akan datang seperti karya legendaris Studio Ghibli lainnya yang tetap menarik untuk di saksikan dan meninggalkan kesan tersendiri bagi para penggemar.

The Tale of the Princess Kaguya Ghibli

Film ini dimulai dengan seorang petani pemotong bambu yang sedang berada di hutan. Warna-warna pastel dan lukisan cat air menghiasi nuansa film ini, penggambarnya menyerupai sketsa lukisan dari arang. Saat Menebang bambu, petani tersebut melihat seberkas cahaya, sesaat kemudian sebuah tanaman menampakkan sosok makhluk mungil seperti boneka, dandengan tergesa-gesa petani itu bergegas menuju ke pondoknya untuk menunjukkan makhluk kecil itu kepada istrinya, namun kemudian sosok mungil itu berubah menjadi bayi manusia. Meskipun berada di usia pertengahan, istri petani itu menemukan bahwa ia bisa menyusui sang bayi (sayangnya penggambaran proses sangat gamblang, sehingga tidak cocok untuk di lihat oleh anak-anak atau di bawah umur, terkecuali filmnya telah lulus sensor dari lembaga terkait).

Si gadis kecil itu tumbuh dengan proses pertumbuhan yang sangat cepat. Dengan segera ia mulai bermain dengan beberapa anak laki-laki yang tinggal di daerah tetangga, mereka memberi nama panggilan kepada si gadis mungil dengan panggilan “Bambu Kecil.” Pemimpin anak-anak itu adalah bernama Sutemaru yang berusia sedikit lebih tua dari lainnya. Semua hal yang terjadi di sekitar si Bambu Kecil sangatlah menyenangkan dan penuh dengan keriangan. Seakan merupakan sebuah surga bagi anak kecil di mana ia bisa berlarian, bermain dan tertawa serta menyanyikan sebuah lagu. Lagu yang tidak ia ingat di manakah ia mempelajarinya.

The Tale of the Princess Kaguya 2

Saat merawat si Bambu Kecil, petani yang membesarkannya selalu mendapatkan emas yang ia percayai merupakan pemberian dari dewa. Dengan melimpahnya harta yang di miliki, ayah angkat si Bambu Kecil ini membeli sebuah kastil di ibukota dan berusaha untuk menjadikannya sebagai seorang putri. si Bambu Kecil tumbuh dengan kecantikan yang sangat rupawan serta hampir tidak mungkin untuk ditandingi, dan ia pun di beri nama sebagai Putri Kaguya.

The Tale of the Princess Kaguya 3

Dari kami mungkin hanya itu saja sinopsis sekilas Film The Tale of the Princess Kaguya, karena sangat sayang jika pembaca sekalian mengetahui alur cerita sebelum melihat filmnya. Penggambaran dan jalan cerita film ini di sajikan dengan aspek yang begitu emosional. Karena film ini benar-benar mengarah pada dua pemikiran yang berbeda dan tidak dapat terelakkan. Bagaimana Kaguya ingin menjalani kehidupannya dan keinginan dari sosok yang ia cintai. Pada satu sisi mungkin Anda akan menitikkan air mata atau dapat menggetarkan hati Anda, tentang bagaimana sebuah ikatan keluarga yang menunjukkan rasa cinta mereka satu sama lain dengan tindakan yang mungkin tidak dapat di jelaskan dengan kata-kata.

Di film The Tale of the Princess Kaguya versi bahasa Inggris, pengisi suara Putri Kaguya di isi oleh suara artis cantik Chloe Grace Moretz.

Chloe Grace Moretz Princess KaguyaChloe Grace Moretz

Artikel Lainnya:

– LampuKecil.com –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s