Ringkasan Cerita Film Animasi Spirited Away

Spirited Away Poster

Para pembaca sekalian sudah pernah melihat film animasi Spirited Away belum? nah kalau belum film ini sangat direkomendasikan untuk di tonton di sela-sela waktu anda. Alasannya ialah film ini merupakan satu-satunya film animasi jepang yang mampu menyabet Oscar sebagai animasi terbaik. Tentunya kualitasnya tidak perlu di pertanyakan lagi dong, baik grafik maupun jalan ceritanya sangat jauh melampaui animasi pada umumnya.

Oke.. pada artikel kali ini saya akan bercerita tentang film Spirited Away, sesuai dengan judul artikel ini. Nah buat yang belum melihat filmnya saya sarankan jangan membaca artikel ini lebih lanjut, bukannya tidak ingin di baca oleh para pembaca sekalian. Tetapi film ini sangat spesial dan super istimewa abis deh, jadi sangat sayang jika anda mengetahui jalan ceritanya sebelum melihat filmnya. Nanti anda bisa kembali lagi ke postingan ini setelah melihat filmnya. Okay ^_^

Spirited Away

Nah, melanjutkan perbincangan kita tadi mengenai Spirited Away. Film yang satu ini merupakan film yang di sutradarai oleh Hayao Miyazaki, seorang sosok master animator, ilustrator, dan seniman manga senior yang telah lama berkecimpung dan menghasilkan banyak karya-karya animasi yang populer dan beberapa mencapai hits sebagai salah film animasi terbaik yang pernah di buat dengan tampilan grafis yang memukau. Bisa dikatakan sosok Hayao Miyazaki layaknya Steven Spielberg-nya dunia animasi. Sprited Away bercerita tentang petualangan gadis cilik bernama Chihiro di dunia yang mistis dan penuh dengan hal-hal gaib.

Chihiro gadis kecil berusia sepuluh tahun ini dan orang tuanya sedang dalam perjalanan untuk pindah ke sebuah kota yang baru, akan tetapi terlihat di ekspresi Chihiro yang merasa tidak senang akan hal itu. Saat dalam perjalanan mengendarai mobil, mereka tersesat dan ayahnya memutuskan untuk mengambil jalan pintas menyusuri jalur hutan yang misterius. Setelah melawati jalan pintas yang sedikit bergeronjal, keluarga Chihiro berhenti dan menemukan sebuah area yang tampaknya seperti taman hiburan yang telah ditinggalkan.

Spirited Away Theme Park

Karena penasaran, sang ayah mengarahkan keluarganya melalui sebuah terowongan dan mengeksplorasi taman, hingga menemukan sebuah kota sepi dan terdapat warung yang penuh dengan makanan yang baru dimasak dan masih terlihat hangat. Orang tua Chihiro dengan lahapnya memakan makanan yang tersaji dengan rakusnya, menyibukkan diri dengan melahap sejumlah sajian makanan yang terlihat lezat sementara itu Chihiro menolak untuk ikut makan. Saat orang tua Chihiro sedang sibuk makan makanan tersebut, ia mengembara berkeliling area asing itu dan bertemu dengan seorang anak laki-laki.

Spirited Away Haku

Anak laki-laki itu tampaknya menjadi akrab dengan Chihiro dan memperingatkan dia untuk melarikan diri dengan orang tuanya sebelum terbenamnya matahari, Chihiro kembali untuk menemukan orang tuanya akan tetapi betapa terkejutnya Chihiro karena orang tuanya telah berubah menjadi sosok babi, dan saat hari mulai beranjak malam munculah beberapa makluk roh yang menyerupai bayangan dan beramai-ramai memenuhi taman bermain. Dan tubuh Chihiro mulai terlihat menjadi transparan alias tembus pandang.

Spirited Away Haku and Chihiro

Anak laki-laki itu muncul kembali dan mencegah Chihiro untuk makan makanan dari dunia roh, yang akan membuat dirinya tetap menghilang. Ia kemudian membawa Chihiro ke sebuah pemandian yang tampak ramai, dan menempuh rute secara sembunyi-sembunyi dengan menahan nafas untuk menghindari sederetan roh yang tidak senang dengan kehadiran manusia di antara mereka. Setelah dapat membawa Chihiro ke tempat yang aman, ia memberikan instruksi secara rinci tentang bagaimana cara untuk mendapatkan pekerjaan di dunia roh, yang ia katakan merupakan satu-satunya cara untuk bertahan hidup di alam roh. Anak laki-laki itu mengatakan namanya adalah Haku, dan bahwa ia telah mengenal Chihiro sejak dia masih sangat kecil.

Spirited Away Chihiro

Berdasarkan intruksi Haku, kemudian Chihiro pertama kali menuju ke sebuah tempat di mana terdapat seorang pria yang mengoperasikan sebuah ketel uap, namanya pria utu ialah Kamaji. Chihiro mengatakan kepadanya bahwa ia ingin meminta pekerjaan ditempatnya, akan tetapi Kamaji mengatakan kepada Chihiro bahwa makhluk jelaga ajaib sudah menyediakan semua bantuan yang ia butuhkan. Ketika mereka berbicara, Chihiro menyelamatkan salah satu makhluk jelaga yang berukuran kecil. Kemudian, seorang gadis bernama Lin datang dan terkejut menemukan manusia yang dicari oleh semua orang.

Spirited Away Kamaji

Spirited Away Boiler

Terkesan dengan kegigihan Chihiro dan kebaikan hatinya, Kamaji berbohong dan mengatakan kepada Lin bahwa Chihiro adalah cucunya. Kamaji kemudian menyuruh Lin untuk membawa Chihiro ke Yubaba, penyihir yang menjalankan tempat pemandian untuk meminta pekerjaan. Yubaba awalnya menolak, tetapi mengalah ketika melihat kegigihan Chihiro. Setelah Chihiro menandatangani kontrak untuk pekerjaan tersebut, Yubaba secara magis mengambil beberapa karakter yang membentuk nama Chihiro, dan mengubah namanya menjadi Sen.

Spirited Away Yubaba

Keesokan paginya, Haku membawa Sen melihatnya orang tuanya yang telah menjadi babi, dan mereka tidak lagi ingat bahwa mereka dulunya adalah manusia. Sen mencoba untuk mengingat namanya yang sebenarnya, dan ia nyaris tidak bisa mengingat namanya. Haku memperingatkan Sen bahwa ia sebenarnya tidak ingat lagi siapa dia dulunya dan kalau Sen juga lupa siapa dirinya, dia tidak akan pernah bisa pulang. Kembali ke pemandian, Sen melihat ke arah belakang dan menyaksikan naga putih di udara. Ia tahu bahwa naga itu adalah Haku.

Spirited Away Haku and Chihiro 2

Pada hari pertama Sen bekerja di pemandian, dia bertemu dengan roh pendiam berwajah putih yang dipanggil dengan No-Face, melayaninya dengan ramah serta meninggalkan dengan pintu yang terbuka. Dia juga membersihkan roh yang beraroma bau tersebut, yang ternyata adalah merupakan roh sungai yang tercemar. Roh sungai memberikan imbalan bagi pekerjaan yang dilakukan Sen dengan baik yaitu kue herbal ajaib. No-Face menjadi terobsesi mendapatkan perhatian dari Sen. Pada hari berikutnya, Sen terbangun dan menemukan orang-orang telah menghilang, dan No-Face ternyata telah memperoleh suara dengan memakan seorang pekerja bewujud katak, serta menyebabkan kegemparan karena mampu menciptakan emas secara tiba-tiba.

next

Advertisements

One thought on “Ringkasan Cerita Film Animasi Spirited Away

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s