Profil Sherlock Holmes Sang Detektif yang Brilian

Gambar Sherlock Holmes

Sherlock Holmes merupakan salah satu karakter paling terkenal di era modern saat ini, dan telah muncul di film dan serial melebihi karakter lainnya, tidak kurang dari 100 aktor telah memainkan tokoh Sherlock Holmes yang menggambarkan kemampuan analisa jenius yang melebihi rata-rata manusia lainnya.

Sherlock Holmes merupakan karakter yang lahir pada tanggal 6 Januari 1854, dan selama lebih dari satu abad namanya telah dikenal di setiap negara di dunia, dan tidak hanya namanya, tetapi penampilannya juga. Dengan memiliki fitur penglihatan yang tajam seperti elang serta mengenakan pakaian dengan jubah, pipa yang berasap, topi pemburu rusa dan kaca pembesar – rincian sosok ini begitu akrab dan jika ia muncul di antara kita saat ini, maka akan dikenali sekaligus bahwa sosok itu ialah Sherlock Holmes.

Sherlock Holmes masih merupakan sosok yang misterius dan membuat orang-orang penasaran dengan kepribadian dan kemampuannya dalam memecahkan kasus-kasus yang sulit, dan seperti dalam kebanyakan legenda, seringkali sulit untuk memisahkan fakta dari fiksi.

Sherlock Holmes

Holmes dikenal karena penalaran logisnya yang cerdik, memiliki kemampuan untuk mengadopsi hampir semua penyamaran dan ia menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan kasus-kasus yang ditanganinya. Holmes, pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1887, dan merupakan karya terkenal dari Sir Arthur Conan Doyle, sejauh ini kisah Sherlock Holmes telah ditampilkan dalam empat novel dan 56 cerita pendek. Novel pertama Sherlock Holmes ialah A Study in Scarlet, yang muncul pada Beeton’s Christmas Annual di tahun 1887. Sejak saat itu kisah petualangan Sherlock Holmes telah diterjemahkan hampir ke semua bahasa,

Sherlock Holmes adalah gambaran karakter dengan “penalaran yang paling sempurna dan mesin pengamatan yang telah disaksikan oleh dunia”, tetapi walaupun Sherlock Holmes memiliki keunggulan dibandingkan orang lain, ia bukanlah pribadi yang tanpa perasaan sama sekali, karena ia juga mengapresiasi opera dan musik klasik.

Namun memang benar jika ia mengesampingkan diri terhadap wanita, karena ia merasa pengaruh mereka adalah sebuah gangguan bagi pekerjaannya, sehingga ia tidak akan membiarkan dirinya (sebagaimana yang dilakukan oleh Watson) untuk menjadi terpengaruh oleh daya tarik romantis wanita.

Walaupun demikian, Holmes menaruh minat pada Miss Irene Adler, yang selalu ia sebut sebagai ‘sang wanita’. Irene Adler, lahir di New Jersey pada tahun 1858 dan mengalahkan Sherlock Holmes dalam kasus A Scandal in Bohemia.

Sherlock Holmes berprofesi sebagai konsultan detektif antara tahun 1881 hingga 1904, ketika tinggal di 221b Baker Street dengan teman dan koleganya Dokter John H. Watson. Sedangkan karater yang menjadi musuh utama Sherlock Holmes ialah Professor James Moriarty, seorang konsultan kriminal dan perencana aksi kriminalitas jenius yang sangat lihai dengan kemampuan berfikir yang melebihi orang pada umumnya dan setara dengan (atau bahkan melebihi) Sherlock Holmes.

Professor James Moriarty sebenarnya seorang akademis yang sangat luar biasa, dengan latar belakang keluarga yang terpandang. Namun kejeniusannya mengarahkan dirinya pada kriminalitas, kalimat yang di sampaikan Sherlock Holmes pada Dr. Watson tentang Moriarty yaitu “Dia adalah Napoleon of crime, Watson. Dia adalah organisator setengah dari kejahatan dan hampir semua yang tak terdeteksi di kota besar ini. Dia adalah seorang yang jenius, seorang filsuf, pemikir yang abstrak. Dia memiliki otak dengan urutan pertama. ”

Dalam serial petualangannya Sherlock Holmes, ia di bantu oleh rekannya yaitu John H. Watson, atau yang biasa dikenal sebagai Dr. Watson. Ia merupakan teman dekat Sherlock Holmes dan sering membantunya memecahkan kasus-kasus sulit sebagai asisten.

Dr. Watson merupakan pendamping setia si detektif yang menakjubkan ini dan Holmes menyadari betapa berharganya Dr. Watson bagi dirinya – ia berkata kepadanya pada suatu kesempatan: “mungkin dirimu tidaklah bercahaya, tetapi dirimu adalah konduktor cahaya”.

FIlm Sherlock Holmes

Hal yang membuat karakter Sherlock Holmes melegenda ialah kemampuan analisanya yang sangat luar biasa, sehingga membuatnya terkenal hingga ke seluruh dunia. Beberapa film maupun serial Sherlock Holmes pun telah di adaptasikan di beberapa media.

FIlm yang mengadaptasikan kisah Sherlock Holmes yang populer ialah Sherlock Holmes yang di tayangkan pada tahun 2009 dan Sherlock Holmes: A Game of Shadows pada tahun 2011 yang di bintangi oleh Robert Downey, Jr. yang berperan sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law berperan sebagai Dr. Watson.

Sherlock TV Series

Dan yang tak kalah populer ialah Sherlock Holmes season series yang di tayangkan statiun tv BBC. JIka rata-rata serial barat berisikan kurang lebih 20-an episode dan setiap tahun merilis season baru. Lain halnya dengan serial Sherlock Holmes ini yang tiap season hanya berisikan 3 episode, dan tidak setiap tahun dirilis.

Kualitas Sherlock TV Series ini tidak perlu dipertanyakan, sangat luar biasa menurut kami, mengenai penggambaran karakter Sherlock Holmes dan Dr. Watson dan kasus-kasus yang di hadapinya pun sangat brilian, dari 9 total episode selama 4 tahun sejak di tayangkan pada tahun 2010, jujur saja kami sangat menantikan kelanjutan serial ini, kemungkinan Sherlock season selanjutnya tayang pada tahun 2016. Sherlock series ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes dan Martin Freeman sebagai Dr. Watson.

Dari Sherlock TV Series ini ada satu episode yang meninggalkan kesan yang mendalam bagi kami, yaitu saat sebuah episode yang menampilkan Irene Adler. Pendekatan ceritanya sangat wow sekali, kami ingin menunjukan ekspresi yang lebih dari itu, tetapi kata yang terlintas di benak kami ” wow, brilian !”. Akan tetapi terdapat satu scene yang memunculkan diskusi di antara penggemar Sherlock, yaitu salah satu adegan aksi Irene Adler yang tidak disarankan dilihat oleh anak-anak dibawah umur.

Pendekatan ceritanya sangat memukau di satu episode ini, episode yang lainnya juga brilian dan menakjubkan tentang bagaimana penggambaran sosok misterius dan jenius yang selalu melekat pada karakter Sherlock Holmes dan kasus-kasusnya yang sulit. Tetapi di satu serial yang memunculkan Irene Adler ini, ada sisi lain Sherlock yang ditunjukkan dengan apik, yaitu emosionalitas yang ada pada diri Sherlock Holmes.

Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes

Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes

Sering sekali pada saat kita melihat sebuah film, serial, atau drama yang membuat kita duduk santai dan menikmatinya, bahkan kita tidak perlu berfikir tentang apa yang akan terjadi, mungkin ada banyak ledakan, tokoh utamanya yang lari kesana-kemari dan pada akhirnya kita berfikir ” tentang apa sih tadi itu”.

Nah hal lain yang membuat Sherlock TV Series menarik untuk dilihat ialah, bagaimana penyampaian kisah yang seakan tidak berjalan sendirian dan hanya membuat penonton duduk manis, tetapi anda di ajak berfikir seperti Sherlock, bagaimana langkah selanjutnya dan keputusan yang harus dibuat. Ada beberapa moment jeda yang memberi waktu pada penonton untuk ikut berfikir, hal itu merupakan salah satu point yang menarik dari Sherlock TV Series menurut kami.

Oh iya tokoh terkenal lainnya yang terinspirasi dari Sherlock Holmes ialah serial anime manga Detective Conan.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Profil Sherlock Holmes Sang Detektif yang Brilian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s