15 Fakta Tentang Joker yang Belum Anda Ketahui

Joker Face

Joker merupakan karakter fiksi yang muncul dalam komik terbitan DC Comics. dan ia adalah tokoh kejahatan dan musuh terbesar dari Batman. Pertama kali di perkenalkan di komik Batman#1 (1940), dan sejak saat itu tokoh ini mendapatkan kepopuleran secara konstan dari masa ke masa.

Joker ialah otak dari kejahatan yang sering terjadi di Gotham dengan penampilan yang menyerupai badut, atau setidaknya wajahnya menunjukkan demikian. Secara garis besar karakter Joker di gambarkan sebagai karakter sosiopat yaitu seseorang dengan gangguan kepribadian yang mewujudkan dirinya dalam sikap maupun perilaku anti sosial yang ekstrem dan kurangnya hati nurani, serta melakukan tindakan kriminal hanya untuk kesenangan semata. Karakter Joker sendiri berkembang dari sosok yang gelap menjadi lebih ke arah karakter yang suka melakukan trik kecerdasan dengan gaya konyol namun tetap sangat berbahaya dan kemudian kembali lagi ke gambaran sosok dirinya yang kejam, penuh perhitungan dan karakter yang memiliki penyakit jiwa.

Joker Wallpaper

Banyak beberapa tragedi yang terjadi dalam kehidupan Batman yang di sebabkan oleh Joker. Tentunya hal ini membuat kita melihat sosok Batman lebih dalam saat ia bereaksi atas tindakan maupun rencana yang telah di susun oleh Joker. No villain no superhero, dan melalui super villain inilah kita bisa melihat inti utama dari superhero (Batman), kita melihat berbagai kekurangan dan kelemahan yang mereka miliki, dan tentunya kita dapat melihat apakah yang membuat mereka layak menyandang nama sebagai superhero.

Dan hal yang membuat karakter Joker sangat menonjol ialah, posisinya sebagai musuh Batman yang paling kuat yang dapat mengancam tidak hanya Batman secara pribadi tetapi orang-orang yang berada di dekat Batman, hanya untuk melakukan sebuah tes yang harus dilalui Batman. Dalam cerita Batman “The Death of The Family”, Joker mendatangi Batman sambil berkata “jauh di dalam hati kita saling menyayangi” dan tentu Batman menjawab “tidak ada hal di muka bumi yang aku benci melebihi kau, Joker”.

Berikut ini 10 Hal mengenai Joker yang pastinya belum Anda ketahui:

Joker Against Batman

1. Joker merasa bahwa keluarga yang telah di bangun Batman di sekitarnya (Robin, Batgirl, Catwoman, Komisaris polisi James Gordon, Alfred Pennyworth) selama beberapa tahun ini telah menyeret Batman dari jalur yang seharusnya, maka dari itu ia berusaha mengenyahkan mereka semua sehingga Batman bisa menjadi lebih fokus menjadi superhero yang hebat bersanding dengan Joker yang merupakan sosok dan perencana kejahatan terhebat.

2. Beberapa supervillain memiliki motif atau alasan utama mengapa mereka melakukan tindakan kriminal atau kejahatan seperti alasan membalas dendam, bertahan hidup, kebencian, kekuasaan, dll. Hal yang membuat Joker berbeda dari supervillain lainnya ialah ia tidak memiliki motif utama dan tidak seperti karakter jahat lainnya yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak waras, Joker sepenuhnya sadar bahwa ia tidak waras. Ia sepenuhnya menyadari akan hal ini dan ia menyukainya. Joker menyukai bahwa ia adalah kekacauan bagi logika dan keteraturan Batman dan ingin terus melanjutkan permainannya dengan Batman. (intrepretasi dari Marv wolfman)

The Mask Jim Carrey

3. Masih ingat dengan The Mask (pernah di perankan Jim Carrey), dalam komik persilangan antara Batman dan The Mask, Joker mampu mendapatkan topeng yang memiki kekuatan Loki tersebut. Sehingga menjadikan dirinya mempunyai kekuatan super. Kata-kata favorit The Mask: “S-ss-SMOKIN!”

4. Sosok Joker terbilang di gambarkan sebagai karakter yang kejam, ia menghabisi Jason Todd yang saat itu merupakan partner Batman yaitu Robin kedua, dan membuat lumpuh Barbara Gordon selamanya (Batgirl). Joker merupakan tokoh kejahatan yang dapat memberikan dampak langsung bagi kehidupan Batman yang mengubah alur cerita Batman hingga saat ini.

5. Joker memiliki pandangan bahwa, semua orang bisa menjadi monster gila seperti dirinya. Yang di butuhkan hanya 1 hari, satu hari yang sangat buruk hingga menyebabkan orang tersebut kehilangan kontrol dirinya dan bertindak di luar akal sehatnya. Joker bahkan rela mengorbankan dirinya sendiri terlebih lagi orang lain hanya untuk menekankan pendapatnya ini.

next

Advertisements

7 thoughts on “15 Fakta Tentang Joker yang Belum Anda Ketahui

    1. Little Light Post author

      DC itu yang menerbitkan komik, sama kaya marvel. Tokoh terkenal di DC komik tuh seperti Superman, Batman, Joker, green lanter, wonder woman, flash, dll

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s