Profil Portgas D. Ace Sang Tinju Api di One Piece

Portgas D Ace One Piece

Portgas D. Ace merupakan salah satu karakter serial manga dan anime One PIece yang mempunyai ciri khas tersendiri. Ace memiliki kemampuan menciptakan dan mengendalikan api karena memakan buah Mera mera no mi (elemen api), buah devil tipe logia yang memberikan Ace kekuatan yang luar biasa.

Portgas D. Ace adalah kakak dari Monkey D. Luffy. Baik Ace maupun Luffy cenderung mengarah pada perkelahian tentang siapa yang terkuat, tetapi hal ini bukan karena alasan kebencian satu sama lain, tetapi hal itu merupakan bentuk kedekatan di antara keduanya. Portgas D. Ace sendiri sebenarnya bukanlah kakak kandung dari Luffy, meskipun yang tersirat pada awalnya bahwa ayah Ace adalah Monkey D. Dragon, namun ayahnya yang sebenarnya adalah Gol D. Roger sang raja bajak laut yang telah di eksekusi oleh pemerintah dunia. Ace menjabat sebagai komandan divisi kedua bajak laut Whitebeard, yang menunjukkan kemampuannya sebagai seorang pemimpin.

Portgas D Ace Whitebeard

Sedangkan Portgas D. Rouge adalah ibu dari Ace. Rouge terlihat sangat mencintai Roger, begitu juga Roger sangat mencintai Rouge dan sangat mempedulikan Ace yang saat itu masih dalam kandungan. Rouge bahkan menamai Ace dengan memakai nama keluarganya yaitu Gol D. Ace, dan menangis saat mengetahui kematian Roger setelah di eksekusi. Rouge adalah wanita pertama yang diketahui memiliki inisial “D” yang terdapat dalam namanya. Rouge digambarkan sebagai karakter yang baik hati dan penuh kasih sayang, ia mengorbankan dirinya agar bayinya (Ace) bisa dilahirkan tanpa diketahui oleh Pemerintah Dunia.

Rouge memeluk bayinya sebelum ia meninggal karena kelelahan setelah melahirkan Ace dengan masa kehamilan 20 bulan yang di tahannya dengan kekuatan tekad, agar tidak diketahui oleh pemerintah dunia.  Portgas D. Rouge adalah nama dengan inisial “D” pertama yang diketahui menangis dan tersenyum pada saat kematiannya

Portgas D Rouge Picture

Meskipun pertemuan singkat terjadi di antara Portgas D. Rouge dengan Monkey D. Garp, sama seperti yang terjadi dengan Roger, Rouge rupanya percaya dengan Garp untuk merawat Ace setelah kematiannya. Garp memberi rasa hormat yang mendalam untuk pengorbanan Rouge dan cintanya yang besar kepada anaknya, dan ia telah setuju untuk mengatasi masalah mengenai Roger dan anaknya tanpa melaporkan garis keturunan Ace kepada Angkatan Laut.

Portgas D Ace Picture

Sebagai hasil dari pengorbanan untuk menyelamatkan hidupnya dari Pemerintah Dunia, Ace menyatakan bahwa ia berhutang budi pada ibunya dan memakai nama Portgas sebagai nama keluarganya, dan menjadi Portgas D. Ace. Karakter Ace digambarkan sebagai pribadi yang memiliki loyalitas yang tinggi. Dan sangat bangga dengan dengan lambang bajak laut Whitebeard yang berada di punggungnya.

Masa muda Ace terbilang sangat sulit mengingat ia adalah anak dari tokoh legendaris, yaitu raja bajak laut Gol D. Roger, dan menyembunyikan identitasnya yang sesungguhnya. Sosok yang ia anggap sebagai ayah ialah Edward Newgate, sosok kapten bajak laut Whitebeard yang juga di anggap sebagai figur ayah bagi para krunya. Sama seperti Edward Newgate, kebiasaan Ace ialah ia tidak pernah berlari saat menghadapi lawan-lawannya dan mencoba melindungi orang-orang yang berada di sekitarnya. Ace tergolong memiliki kekuatan yang luar biasa, baik itu kecepatan dan daya tahan, julukannya ialah Ace sang Tinju Api.

Portgas D Ace Fire Attack

Ace juga memiliki tato di lengannya yang bertuliskan “ASCE”, dengan huruf “S” yang di coret sebagai bentuk penghormatan kepada Sabo. Walaupun mereka berdua bukanlah saudara kandung, akan tetapi Ace dan Sabo yang berumur kurang lebih sama dan juga Luffi yang berumur lebih kecil, ketiganya membentuk persaudaraan yang sangat dekat di masa kecil.

Namun perjalanan Ace berakhir memilukan, saat Ace mendapatkan perintah untuk mengejar Blackbeard, karena ia telah menghabisi Thach dan mencuri buah Yami yami no mi dan kabur melarikan diri. Ternyata di luar perkiraan Ace, Blackbeard telah memakan buah devil tipe logia ini sehingga memberikan Blacbeard kekuatan kegelapan yang mampu mengalahkan Ace. Dan kemudian menyerahkan Ace ke Pemerintah Dunia.

Portgas D. Ace pada akhirnya di penjara di Impel Down pada level yang paling dalam, Impel Down merupakan penjara besar bawah laut dengan penjagaan paling ketat dan merupakan tempat untuk menahan kriminal dan bajak laut paling berbahaya di dunia. Selama dalam penahanan di Impel Down, Ace di borgol dengan Kairoseki (batu laut), yitu sebuah batuan alami yang sangat langka dan dapat menyerap serta melemahkan kekuatan para pemakan buah devil.

Portgas D Ace Luffy

Dalam misi penyelamatan yang terjadi di saat Ace akan di eksekusi, banyak para bajak laut yang mencoba mencegah hal itu, seperti Luffy dan kawan-kawan, bajak laut Whiteberard, dan para bajak laut lainnya. Di saat akan di eksekusi, Sengoku mengumumkan rahasia yang telah di jaga sangat lama bahwa yang akan di eksekusi ialah anak dari Gol D. Roger. dan terjadilah pertempuran besar di Marine Ford. Dengan datangnya Edward Newgate sang Whitebeard bersama para pasukannya, peperangan dimulai dengan Edward memecah udara dan menciptakan gempa yang luar biasa, tetapi di bendung oleh Aokiji dengan membekukan gelombang laut yang terjadi.

Edward Newgate Whitebeard Earthquake Power

Akan tetapi di peperangan dahsyat inilah cerita mengenai Ace berakhir pilu. Setelah Ace dapat di bebaskan, dan semuanya berencana untuk mundur, Admiral Akainu bertekad bahwa ia tidak akan membiarkan Ace maupun Luffi untuk dapat keluar dari Marine Ford, karena garis darah yang ia bawa sudah termasuk kriminal. Admiral Akainu mengarahkan serangan magma yang tak terelakkan kepada Luffy dengan tujuan utama yaitu Ace. Dan untuk melindungi Luffi, Portgas D. Ace mengorbankan dirinya dan serangan magma Akainu menembus tubuhnya melalui punggung. Karena magma adalah salah satu kelemahan dari kekuatan api Ace, karena magma juga dapat menyerap api dan api dapat terbakar oleh magma.

Portgas D Ace Died

Edward Newgate dan Portgas D. Ace keduanya dimakamkan di sebuah pulau yang tidak diketahui di New World. Dikarenakan kematian Whitebeard, semua pulau-pulau di bawah perlindungannya dengan cepat di kuasai oleh bajak laut lainnya. Posisi bajak laut Whitebeard sendiri juga jatuh dari posisi mereka di Yonko, dengan status yang saat ini tidak diketahui.

Artikel Lainnya:

– LampuKecil.com –

Advertisements

One thought on “Profil Portgas D. Ace Sang Tinju Api di One Piece

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s