Mengapa Rasa Sabun Tidak Seenak Aromanya?

sabun-kulitKita berbicara mengenai dua pengertian yang berbeda dan dua set yang berbeda dari bahan-bahan pembentuk sabun. Sabun terasa tidak enak karena lemak, minyak, dan soda kaustik yang digunakan dalam pembuatan sabun modern. Sabun berbau wangi karena  produsen menambahkan parfum di dalamnya.

Sabun pada awalnya dibuat dengan merebus lemak hewan (tallow) atau minyak sayur bersama dengan abu kayu. Sabun tidak secara tiba-tiba menjadi terkenal hingga setelah Abad Pertengahan. Orang-orang umumnya tidak mandi pada saat itu, mandi dipercaya akan menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka bagi penyakit. Sedikit mengherankan, Raja Henry VIII memiliki enam istri! Apa yang wanita inginkan dari suami yang tidak mandi?

Terobosan besar dalam pembuatan sabun datang pada tahun 1779 ketika seorang ahli kimia Swedia, Carl Wilhelm Scheele, menghasilkan gliserin, atau gliserol, dan pada tahun 1813, ketika kimiawan Perancis Michel Chevreul menerbitkan makalah pertama dari banyak makalahnya tentang komposisi kimia dari lemak dan minyak. Gliserin mengurangi kerasnya sabun pada kulit.

“Saponifikasi” adalah istilah mewah yang digunakan untuk menggambarkan reaksi dari basis alkali dengan lemak untuk membentuk sabun. Natrium hidroksida (NaOH), juga dikenal sebagai soda kaustik atau alkali, menghasilkan sabun yang keras, dan kalium hidroksida (KOH) menghasilkan sabun yang lembut.

Sebelum Perang Dunia II, pembuatan sabun melibatkan pencampuran lemak dan minyak di dalam ceret yang  besar, serta menambahkan salah satu basis ini bersama dengan uap dan garam. Sabun akan mengendap dan mengapung ke atas, di mana para pekerja akan menyaring  itu dan membuatnya menjadi serpih atau kue. Proses pembuatan sabun hari ini kurang lebih sama, kecuali suhu yang lebih tinggi dan tekanan serta penggunaan mesin pemutar yang mempercepat proses tersebut. Produsen menambahkan parfum untuk membuat sabun berbau harum.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s