Mengapa Bawang Membuat Kita Menangis Saat Mengirisnya?

menangis-bawang-memotong

Saat kita mengiris bawang, kita membuka sejumlah sel pada bawang yang melepaskan enzim. Enzim tersebut melarikan diri, yaitu enzim alliinase dan sintase yang merupakan faktor untuk  membuat air mata kita bercucuran, Enzim-enzim tersebut juga  menguraikan beberapa zat lain yang dikeluarkan, yang disebut dengan  sulfoksida asam amino. Reaksi ini membentuk asam sulfenik yang tidak stabil, yang  kemudian distabilisasi menjadi gas yang mudah menguap. Ketika gas ini mencapai mata kita, gas tersebut bereaksi dengan air yang dimaksudkan untuk menjaga mata kita agar tetap  lembab.

Asam campuran sulfenik dengan air mata di mata kita membentuk asam sulfat, yang merupakan barang beracun yang sama yang ada di baterai mobil. Ujung saraf di mata kita mengenali iritan ini dan mengirim pesan ke otak, yang kemudian menyampaikan  pesan ke saluran air mata dan mengatakan, “Encerkan asam yang menyebabkan iritasi ini untuk melindungi mata kita.” Jadi mengapa kita menangis atau bercucuran air mata adalah bentuk perlindungan untuk mata kita.

cara-bawang-menangisCara terbaik untuk mengatasi fenomena ini adalah dengan posisi menjauhi irisan bawang bukannya berdiri tepat di atasnya. Ada juga beberapa teknik di dapur yang dapat Anda terapkan :

  • Pertama-tama Anda bisa memasak bawang tersebut sebelum mengirisnya; proses memasak dapat menonaktifkan beberapa enzim.
  • Anda dapat mendinginkan di kulkas terlebih dahulu.
  • Anda dapat juga memakai kacamata.
  • Anda juga dapat menggunakan kipas angin untuk menerbangkan uap dari bawang.
  • Anda dapat mengiris bawang saat mengalirkan air keran di atasnya atau memotongnya didalam air, karena air akan bereaksi dengan beberapa gas yang dikeluarkan sebelum mencapai mata Anda.
  • Uap dari ketel juga dapat membantu Anda.

oh iya yang paling penting saat anda mengiris bawang dan anda menangis, mata anda jangan di kucek pakai tangan. Lebih baik anda mengalirkan air atau menunggu sejenak di area yang terbuka okay ^_^

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s