12 Hal Menakjubkan Tentang Galaksi dan Alam Semesta

Galaksi spiral

Alam semesta merupakan sebuah ruang terbuka yang sangat besar serta terdiri atas miliaran galaksi dan jumlah bintang yang tak terhitung jumlahnya. Galaksi kita disebut dengan Galaksi Bima Sakti atau biasa di kenal dengan nama Milky Way. Sistem tata surya kita yang di dalamnya termasuk Matahari, planet-planet dan bulan-bulan yang mengitarinya, hanyalah sebagian kecil dari Galaksi Bima Sakti.

Bagaimanakah alam semesta terbentuk?

Jagad raya terlahir lebih dari 15 miliar tahun yang lalu. Hal ini dipercayai bahwa alam semesta berawal seperti bola api kecil. Bola api ini berkembang lebih besar dan lebih besar lagi sampai pada suatu ketika ia meledak, dan seiring waktu membentuk alam semesta yang kita kenal saat ini.

Alam semesta awal

Para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta awal adalah merupakan gugusan materi yang bersesakan yang kemudian sejak terjadinya Big Bang, memperluas dan berkembang sampai dengan sekarang dan terus berkembang hingga nanti.

Seberapa besar alam semesta ini?

Tidak ada yang tahu seberapa besar alam semesta sebenarnya. Setidaknya ada 100 miliar galaksi yang kita ketahui. Namun, jumlah ini terus bertambah sebagaimana teleskop yang lebih baik terus dikembangkan, sehingga kita dapat melihat lebih banyak lagi galaksi-galaksi yang lainnya. Di atas semua itu, galaksi-galaksi bergerak menjauh satu dengan lainnya, menyebabkan alam semesta ini berkembang. Beberapa ilmuwan percaya bahwa alam semesta tidak akan pernah berhenti untuk meluaskan diri, sedangkan yang lainnya berpikir bahwa pada suatu hari alam semesta akan mulai menyusut hingga menjadi bola api kembali.

Apa yang dimaksud galaksi itu?

Galaksi adalah sekelompok miliaran bintang-bintang, debu dan gas yang terikat bersama oleh gaya gravitasi. Sebuah galaksi dapat berada dalam sebuah gugusan atau berdiri sendiri. Galaksi-galaksi memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Para ilmuwan telah membagi mereka menjadi tiga kategori berdasarkan bentuk mereka, yaitu: spiral, elips (oval) dan tidak teratur (tanpa bentuk).

Beautiful Galaxy

Bagaimana Galaksi Bima Sakti memperoleh namanya (Milky Way)?

Dalam mitos Yunani dan Romawi kuno, diyakini bahwa dewi Hera (Juno) menumpahkan susu melintasi angkasa dan menamai garis putih yang tertinggal sebagai “sungai susu”. Bangsa Romawi menyebutnya dengan sebutan Via Lactea atau yang bermakna “jalan yang terbuat dari susu”. Ini adalah alasannya mengapa galaksi kita diberi nama dengan Milky Way.

Apa yang dimaksud dengan teori Big Bang?

Teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta seperti yang kita kenal saat ini tercipta setelah adanya sebuah ledakan dahsyat atau ‘bang’. Georges Lemaitre mengusulkan teori Big Bang pada tahun 1927, dan pada tahun 1929 Edwin Hubble mengembangkan hal ini dalam karyanya.

Light Next

Advertisements

One thought on “12 Hal Menakjubkan Tentang Galaksi dan Alam Semesta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s