Fungsi Perhiasan dari Zaman Prasejarah Hingga Sekarang

Perhiasan adalah istilah kolektif yang digunakan untuk menyebut benda perhiasan pribadi yang dikenakan pada tubuh atau pakaian. Benda ini dapat dibuat dari berbagai bahan yang berbeda, dari plastik hingga platinum, dan dapat bersifat dekoratif atau praktis.

PerhiasanOrang-orang telah mengenakan perhiasan sejak zaman prasejarah. Bentuk-bentuk perhiasan awal kemungkinan adalah jimat, yang dirancang untuk melindungi pemakainya terhadap kekuatan musuh. Perhiasan jimat dan jenis perhiasan primitif lainnya dibuat dari banyak benda yang berbeda, seperti kerikil, kerang, bulu, batu, dan gigi hewan.

Ketika peradaban manusia semakin berkembang, perhiasan digunakan untuk menunjukkan peringkat (agama atau politik) atau status sosial. Di beberapa tempat, tidak semua orang diizinkan untuk memakainya, dan di banyak peradaban non-barat, hal ini masih terjadi.

Sebelum muncul bank atau lembaga penyimpanan uang resmi, orang juga menggunakan perhiasan sebagai cara untuk menyimpan dan melindungi harta kekayaan mereka. Perhiasan yang mereka miliki bisa dibongkar dan dilebur untuk diambil nilai materinya. Praktek mengenakan kekayaan seseorang dalam bentuk perhiasan masih dipraktekkan di masyarakat nomaden di seluruh dunia.

Di masa kini, perhiasan juga dipandang sebagai bentuk investasi. Orang membeli emas dalam bentuk perhiasan (cincin, kalung, anting-anting, dan sebagainya) dengan tujuan untuk dijual kembali jika dibutuhkan atau jika harga emas dunia sedang naik. Pola investasi perhiasan semacam ini sudah dikenal luas oleh masyarakat modern sebagai salah satu cara cerdas dalam mengamankan uang dan menabung untuk masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s