Air Sebagai Pelarut Universal

Planet bumi, yang tampak sebagai bola biru berkilau jika dilihat dari angkasa, dipenuhi oleh air. Lautan, es, dan danau mencakup lebih dari 75 persen dari permukaan bumi. Hujan, limpasan, dan gelombang mengukir dan memahat tanahnya. Setiap hari, atmosfer bumi dihiasi dengan awan dan sesekali pelangi yang megah -keduanya terdiri atas uap air.

AirDalam lingkupan air berbentuk cair ini, bentuk pertama kehidupan lahir, lebih dari tiga miliar tahun yang lalu. Kemudian, sebagaimana terlihat saat ini, setiap sel hidup bergantung pada air untuk memberikan nutrisi pada dirinya sendiri serta mengeluarkan kotorannya. Pada dasarnya, semua makhluk hidup memerlukan air.

Para kimiawan mengagumi kemampuan unik air untuk melarutkan sejumlah besar bahan kimia. Sebagai contoh, air laut mengandung lebih dari 70 unsur terlarut dalam bentuk mineral. Kualitas pelarutan yang luar biasa ini telah memberikan ‘gelar’ khusus pada air, yakni “pelarut universal.” Air juga menyediakan media untuk banyak reaksi kimia penting yang tidak akan pernah bisa dilakukan tanpa air.

Air juga penting karena menjadi satu-satunya substansi di bumi yang umumnya ditemukan ada dalam tiga bentuk materi: padat, cair, dan gas. Ini yang jarang kita ketahui, bahwa air sebenarnya tak hanya cair, namun juga bisa berbentuk gas bahkan padat. Kami akan menguraikannya lebih lanjut dalam artikel lain di blog ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s