Penjelasan Apakah Horsepower atau Tenaga Kuda itu?

 

tenaga-kuda

Horsepower adalah istilah yang menggambarkan seberapa banyak kerja sebuah  mesin atau sumber lainnya dalam melakukan sesuatu hal selama periode waktu tertentu. Definisi yang tepat adalah bahwa satu unit tenaga kuda adalah 33.000 kaki-pounds per menit. Jika  Anda mengangkat 33.000 pound sejauh satu kaki dalam satu menit, maka rata-ratanya ialah 550 pound  per detik selama enam puluh detik, Anda telah bekerja pada tingkat satu tenaga kuda.

Kita memberikan James Watt kredit dalam penamaan tenaga kuda. Mesin uap menggantikan  kuda di akhir 1700-an, dan harus ada cara untuk menilai kekuatan mesin uap. Jadi Watt menghitung pekerjaan rata-rata yang bisa dilakukan oleh seekor kuda . Ia menemukan bahwa seekor kuda dapat menarik  33.000 pound  hingga seratus kaki dalam satu menit. Yang setara dengan 550 pound per detik atau 33.000 kaki-pounds per menit. oh iya, 1 Pound itu sama dengan 0.45 Kg, dan satu Kaki sama dengan 0.3 Meter ^_^

Kita mengukur kekuatan mesin yang modern dengan mengaitkan mesin mobil atau kendaraan lainya pada sebuah mesin yang disebut dinamometer. Dinamometer menerapkan beban ke mesin dan mengkonversikan torsi (efek balik) ke tenaga kuda. Kita mengukur mesin mobil dan truk modern dari segi kapasitas mesin, biasanya dalam liter. Kapasitas mesin  adalah jumlah volume di dalam silinder mesin secara keseluruhan. Sangat sulit untuk membuat konversi yang tepat dari liter ke tenaga kuda, karena ada begitu banyak variabel, seperti jumlah silinder, diameter bore, panjang stroke, dan putaran per menit (rpm) mesin.

Dodge Caravan (2005 ) contohnya, memiliki 3.3-liter, mesin enam silinder. Mesin tersebut diberi nilai dengan 180 tenaga kuda. Jadi untuk mobil ini, satu liter adalah sekitar lima puluh lima tenaga kuda.  Ford Focus yang populer bisa  dilengkapi dengan mesin Duratec dua liter yang dinilai dengan 136 tenaga kuda.  Satu liter pada Ford Focus adalah sekitar enam puluh dua tenaga kuda. Kita masih menggunakan rating tenaga kuda bagi banyak mesin kita yang  lebih kecil ukurannya, seperti mesin pemotong rumput, blower daun, dan gergaji mesin, sehingga orang-orang menjadi  akrab dengan penggunaan unit tersebut (Horsepower).

lampukecil-23

Manusia dapat menghasilkan setara dengan sekitar satu tenaga kuda untuk jangka waktu yang singkat. Tidak seperti mesin, otot-otot kita bisa lelah, sehingga kita terbatas dalam jumlah waktu untuk  kita bisa mengeluarkan tenaga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s