13 Perbedaan Kokoa dan Kakao, Nutrisi & Rasanya (Cokelat)

Chocolate bar ground cocoa and cocoa beans

Kokoa (Cocoa)

A. Kokoa adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada bentuk kakao yang dipanaskan yang kemungkinan Anda sering  membelinya di toko dalam bentuk bubuk kokoa. Kokoa merupakan produk yang telah memisahkan lemak nabati (cocoa butter) dari biji cacao.

Cocoa butter merupakan lemak nabati yang di ekstrak dari biji kakao, yang di pisahkan dan kebanyakan di gunakan untuk membuat cokelat (cokelat putih, cokelat susu, dan cokelat hitam).

B. Meskipun kokoa mungkin tampak lebih rendah nutrisi totalnya dari kakao mentah, sebenarnya kokoa sangat baik untuk Anda (dan lebih murah) jika Anda memilih jenis produknya yang tanpa tambahan gula dan lemak susu atau minyak.

C. Bubuk kokoa diproduksi serupa dengan kakao kecuali kokoa mendapatkan suhu panas yang lebih tinggi selama pemrosesan. Anehnya, kokoa masih mengandung sejumlah besar antioksidan dari proses tersebut dan masih sangat baik bagi jantung, kulit, tekanan darah, dan bahkan tingkat stres Anda.

D. Jika Anda membeli coklat kokoa bubuk, pastikan Anda membeli kokoa bubuk polos, bukan kokoa campuran yang seringkali mengandung gula. Carilah bubuk kokoa biasa atau bubuk kokoa olahan Belanda (dark kokoa).

E. Bubuk kokoa olahan Belanda (dark cocoa) adalah bubuk kokoa yang telah diolah dengan larutan alkali, sehingga rasanya tidak begitu asam dan lebih penuh cita rasa. Bubuk kokoa yang biasa, terasa lebih asam dan terdapat rasa pahit, dan digunakan untung memanggang kue yang menggunakan baking soda. Dan bubuk kakao olahan dari Belanda tidak perlu menggunakannya karena telah di alkali.

F. Kokoa bubuk adalah sumber serat yang kaya, memiliki sedikit lemak, dan juga memiliki sedikit protein di dalamnya.

Anda bisa menggunakan bubuk kokoa dan bubuk kakao secara bergantian dalam memanggang roti, smoothie, oatmeal, kue, makanan mentah buatan sendiri, atau bahkan memasukkannya ke kopi Anda untuk moka buatan sendiri. Kokoa dan kakao sangat bergizi untuk Anda dan tentunya dapat memenuhi keingininan coklat Anda sepanjang waktu. Jika Anda menginginkan lebih banyak nutrisi, disarankan untuk memilih kakao, tetapi jika Anda menginginkan lebih sedikit kalori dan sumber antioksidan yang masih cukup, maka Anda bisa memilih bubuk kokoa.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s