5 Hewan dengan Solidaritas dan Perasaan yang Tinggi

Mesmerising Orca

Di dunia hewan ternyata terdapat beberapa fauna yang memiliki rasa solidaritas dan sisi perasaan yang tinggi. Mungkin banyak yang mengira bahwa manusia merupakan satu-satunya makhluk yang memiliki rasa emosi, seperti menyayangi, marah, senang, khawatir, dll. Namun kenyataannya tidak demikian, beberapa makhluk juga memiliki sisi emosional yang tidak hanya emosi dasar tetapi juga emosi kompleks (misal: bersimpati, empati,).

Seperti contohnya Kiler whale atau biasa di sebut dengan Orca, keluarga lumba-lumba ini memiliki bagian di dalam otak mereka yang secara khusus mengatur sisi emosi dan perasaan. Solidaritas dan Perasaan yang dimiliki oleh hewan-hewan dibawah ini sangatlah menarik untuk di simak dan jarang diketahui oleh banyak orang. Hewan-hewan yang penuh perasaan ini sejatinya juga dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua. Hewan apa sajakah itu, yuk mari kita bahas satu persatu.

Elephant cute gajah

1. Gajah

Gajah merupakan salah satu hewan yang dianugerahi sifat penyayang dan tingkat kecerdasan yang tinggi. Layaknya manusia, hewan mamalia darat terbesar ini akan sangat sayang pada mahkluk lain yang menyayanginya. Gajah memiliki kemampuan berempati terhadap sesamanya, misalnya saat ada rekannya yang merasakan perasaan yang tertekan maka gajah lainnya akan mencoba menenangkannya, dengan kontak secara langsung maupun dengan suara.

Elephant friend gajah

Bahkan di kehidupan liar saat terdapat seekor gajah yang mati, maka gajah lain akan menunjukan sisi empati dan gestur kesedihan serta mencoba menutupi mayat gajah tersebut dengan rumput maupun dedaunan. Setelah tertutupi dedaunan atau tanah, gajah yang mati tersebut tidak lantas ditinggalkan. Mereka akan menunggui selama beberapa waktu, setelah itu akan melanjutkan lagi perjalanan dan kehidupannya. Keadaan tersebut tidak berhenti hanya disitu saja, sang gajah akan tetap kembali ke tempat itu untuk melakukan ziarah meskipun bertahun-tahun telah berlalu. Gajah mampu menunjukan adanya kesedihan dan perasaan berduka pada sesamanya yang telah meninggal.

Bat friend kelelawar

2. Kelelawar vampir

Kelelawar vampir merupakan jenis hewan yang tinggal secara berkoloni di area yang gelap misalnya gua, celah di dalam pohon besar, dll. Mereka memiliki ikatan yang kuat diantara sesamanya serta merupakan jenis hewan yang unik, ya karena mereka mengkonsumsi darah. Kelelawar ini memiliki fitur yang sangat keren dan canggih, seperti dapat melihat secara infra merah yang artinya mereka mampu melihat gelombang yang menunjukan area panas, mampu mendeteksi bagian mana yang terdapat darah paling dekat dengan kulit, juga memiliki kemampuan bermanuver serta berjalan di tanah dan yang paling penting mereka mampu mendeteksi dan memonitor kondisi rekannya.

Bat Vampire kelelawar

Walau memiliki banyak kelebihan, sayangnya kelelawar vampir hanya mampu bertahan dua hari tanpa makanannya yaitu darah dan mereka tidak selalu mendapatkan makanan setiap keluar berburu. Oleh karena itu,  mereka mampu mengatasi kelemahan ini dengan sebuah adaptasi yaitu kebiasaan berbagi makanan alias mendonorkan makanannya.

Kelelawar yang kelaparan akan memohon kepada yang lainnya untuk berbagai, dan kelelawar yang cukup makanan pun tak akan segan mendonorkan makanannya meskipun kekelawar yang kelaparan bukanlah satu keluarga dengan mereka. Bahkan yang sering terjadi adalah, kekelawar yang berlebih makananlah yang lebih dulu berinisiatif berbagi makanan kepada yang kelaparan tanpa di minta terlebih dulu.

Baby Dolphin cute lumba

3. Lumba-lumba

Salah satu hewan yang paling cerdas di muka bumi ini, sangatlah istimewa. Disamping mukanya yang lucu dan terkesan bersahabat, lumba-lumba juga merupakan makhluk yang sangat bersosial. Lumba-lumba dapat berkelompok dengan jumlah yang banyak hingga ratusan lumba-lumba, dan mereka sangatlah ramah karena anggota kelompok ini kadang tidak saling mengenal sebelumnya. Ikatan diantara mereka pun bisa sangat dekat, konsep solidaritas juga di tunjukan oleh lumba-lumba misalnya jika ada yang sakit atau terluka, maka yang lainnya akan menemani bahkan membantu bernafas ke permukaan.

Lumba-lumba juga memiliki naluri penolong yang sangat kuat, tidak hanya bagi spesiasnya tapi juga kepada makhluk lain. Tak jarang jika ada hewan laut lain (contohnya, anak paus) yang tersesat maka dengan cepat lumba-lumba akan mencarikan arah untuk pulang. Dan juga, lumba-lumba sering melindungi penyelam dan perenang dari serangan hiu dengan cara berenang mengitari orang tersebut, hingga kondisi berangsur aman. Selain itu, lumba-lumba juga dapat bertugas layaknya bidan dalam hal persalinan diantara lumba-lumba lainnya.

Dolphin Jumping lumba

Dengan sifat sayang yang dimilikinya, lumba-lumba pun sering membantu hewan lain dalam menjaga dan mengasuh ikan kecil walaupun dari spesias lumba-lumba yang berbeda. Juga lumba-lumba menunjukan kesedihan yang mendalam tatkala anaknya meninggal, dengan menjunjung anaknya selama berminggu-minggu di atas air serta mengeluarkan suara yang menandakan kesedihan.

next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s