Biar Dompet Tidak Sekarat, Ayo Berhemat dengan 5 Cara yang Tepat

Save the money

Ada kalanya kita perlu memikirkan pengeluaran yang sedang kita lakukan, karena gaya hidup yang berlebihan membuat uang cepat berkurang. Kebutuhan gadget yang semakin canggih, diskon-diskon belanja yang berdatangan serta seringnya hang out bersama teman-teman, dll yang tentunya dapat menambah pengeluaran anda.

Hal-hal tersebut jika tidak kita minimalisir mulai saat ini akan berakibat sulitnya melakukan penghematan, dan akhirnya membuat membengkaknya pengeluaran anda. Cara mengatasi masalah diatas adalah sangatlah mudah yaitu dengan,

1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Seringkali kita membeli sesuatu barang bukan karena butuh namun karena kita ingin, jika menuruti keinginan hati secara terus-menerus tentu tidak akan ada habisnya. Maka untuk mengontrol keinginan yang kuat, catatlah segala bentuk pemasukan dan pengeluaran yang kita lakukan setiap hari.

Sediakan buku khusus untuk mencatatnya, tulis pemasukan yang kita dapatkan, tulis juga semua barang yang kita beli. Jika hal ini kamu lakukan secara rutin, maka kamu akan mengetahui bahwa hari ini pengeluaran sudah sangat banyak, atau hari ini pengeluaran hanya sedikit dan seberapa besar yang dapat anda tabung. Hindarilah besar pasak daripada tiang dengan kata lain lebih besar pengeluaran ketimbang pendapatan anda.

2. Ubah pola hidup

Jika anda terbiasa menghabiskan uang dengan mudah, cobalah untuk mengevaluasinya dan secara perlahan mengurangi kebiasaan tersebut. Dengan mengatur keuangan anda secara bijak, tentu masalah dalam keuangan anda dapat teratasi. Jangan menuruti kata gengsi untuk orang lain agar dipandang lebih dan melakukan pengeluaran di luar kebutuhan anda. Sebisa mungkin kurangilah melakukan pengeluaran untuk hal-hal yang bisa anda lakukan atau membuatnya sendiri, misalnya : daripada mengeluarkan banyak uang untuk secangkir kopi, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, mencuci baju, memasak makanan, dll.

3. Belajar menabung

Menabung merupakan salah materi yang diberikan ketika kita masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak, hal ini dikarenakan sangat pentingnya manfaat menabung sejak dini bagi kehidupan kita. Karena dengan menabung, kita akan merasa siap apabila  terjadi pengeluaran yang tidak terduga, sehingga kita tidak merepotkan orang lain. Menabung juga membiasakan diri kita untuk tidak boros, karena pemborosan kurang manfaatnya bagi diri kita sendiri untuk jangka waktu yang lama.

4. Jangan asal membeli

Salah satu faktor pengeluaran yang membengkak adalah ketika kita boros dalam membelanjakan uang, terkadang kita membeli sesuatu hanya karena keinginan semata atau alasan tertentu yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan. Sebisa mungkin minimalisir pemikiran tersebut, cobalah tulis keperluanmu sebelum pergi ke toko atau tempat pembelanjaan.

Jangan membeli apapun diluar catatatan yang telah kamu buat, agar tidak ada keperluan yang sia-sia, contoh sederhana adalah membeli parfum, apabila minggu lalu kita sudah mencatat telah membeli parfum, ketika ada diskon parfum lagi, pikiran kita tidak akan tergoda.

Person in need

5. Hidup yang seimbang

Dalam mengelola keuangan anda, di butuhkan sebuah keseimbangan tidak hanya antara kebutuhan dan keinginan yang bersifat pribadi, namun juga terdapat pengeluaran untuk orang-orang di sekitar anda, terlebih lagi bagi orang-orang yang membutuhkan. Sisihkanlah berapa persen dari pendapatan anda untuk berbagi kepada yang membutuhkan atau orang-orang yang kurang mampu.

Hidup tidaklah hanya sekedar tentang menumpuk harta, tetapi juga tentang berbagi terhadap sesama, seimbang dalam berbagai hal dalam sisi yang positif tentunya.

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s