7 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang Baik bagi Anda

Money Tight Financial

Mengelola keuangan serta lebih menghemat pengeluaran sesungguhnya merupakan kebiasaan yang dapat kita latih. Anda mungkin telah melakukan berbagai poin dari daftar ini, sebagian atau bahkan semuanya. Tetapi hal ini bisa sebagai pengingat bagi kita, bahwa kebiasaan mengelola keuangan yang baik adalah tentang tindakan-tindakan kecil dan perubahan yang berarti dalam pola pikir kita.

*1. Menyimpan daftar tiap pengeluaran di dompet dan menyusunnya tiap malam atau tiap minggu

Selalu mengetahui kemanakah arus pengeluaran anda adalah hal yang bagus. Lakukan dengan pendekatan yang sederhana, anda tidak harus menelusuri secara detail hingga ke recehannya untuk menjaga kebiasaan keuangan yang baik.

*2. Cadangkan dana untuk hal-hal yang tak terduga di dompet

Membuat anda tidak kelabakan saat ada kegiatan yang mengharuskan anda mengeluarkan dana secara tiba-tiba, misalnya: motor mogok, undangan pernikahan mendadak, tagihan yang harus di bayar saat itu juga, dll.

*3. Sediakan recehan di tempat yang mudah di ambil

Saat membutuhkan recehan untuk membayar sesuatu, anda tidak bingung-bingung mencarinya. Misalnya : uang parkir, uang kembalian, dll.

*4. Saat berbelanja, selalu tanyakan diri anda apakah anda membutuhkannya dan semisal iya, apakah anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah di tempat lain

Hal ini akan membuat anda mengevaluasi kembali pentingnya pembelian anda dan tentunya dapat menghemat uang anda serta mengurangi menumpuknya barang-barang di rumah.

*5. Investasikan uang anda pada diri anda sendiri

Untuk setiap pembelian yang anda lakukan, pertimbangkanlah jika itu sesuai dengan nilai-nilai pribadi dan tujuan Anda. Jika tidak, maka bisa terdapat kemungkinan bahwa anda menghabiskan terlalu banyak uang hanya pada hal-hal yang kurang tepat. Biasakan untuk bertanya pada diri anda, apakah anda menghabiskan uang untuk sesuatu yang dapat menunjang diri anda atau meningkatkan potensi penghasilan Anda.

*6. Lebih banyak memasak di rumah

Memasak di rumah terlihat sangatlah simpel, tetapi memiliki dampak baik bagi keuangan anda. Saat anda mengeluarkan uang untuk camilan dan secangkir kopi di cafe, perbandingan pengeluarannya ketimbang anda membuat kue dan menyeduh kopi sendiri di rumah sangatlah jauh. Tentu anda bisa mempertimbangkan hal ini, terlebih jika keuangan anda menipis. Memasak di rumah memberikan anda keleluasaan untuk mengatur pengeluaran pribadi anda, merancang menu sendiri dan lebih berhemat.

*7. Mengingat konsep dasarnya

Usahakanlah untuk melakukan pengeluaran lebih rendah dari pendapatan anda dan menginvestasikan selisih dana keuangan anda. Sisihkan pendapatan anda secara langsung untuk pengeluaran tetap dan sebisa mungkin hindari menggunakannya untuk yang lainnya. Hindari membeli sesuatu yang tidak anda butuhkan. Hampir semua artikel mengenai pengaturan keuangan memiliki poin yang kurang lebih sama, karena hal ini sering kita lupakan. Mempertahankan kebiasaan keuangan yang baik akan membuat anda terhindar dari beban pikiran karena manajemen keuangan yang kurang baik.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s