10 Kebiasaan yang Membuat Hidup Anda Lebih Teratur

Work Daily

Melakukan sesuatu hal setiap harinya adalah suatu cara yang ampuh untuk membentuk sebuah kebiasaan. Untuk benar-benar menemukan keberhasilan dalam hidup Anda, sangatlah penting bagi anda untuk meluangkan waktu melakukan hal-hal kecil namun bermakna.

Perubahan kecil pada rutinitas harian anda dapat mewujudkan semua usaha anda menjadi sebuah keberhasilan yang bernilai tinggi. Berikut ini daftar 10 kebiasaan sehari-hari yang dapat anda terapkan.

*1. Saat melewati pintu saat masuk ke rumah selalu letakkan kunci, handphone dan barang-barang anda di tempat yang sama setiap waktu

Hal ini menghemat waktu tanpa mencari-carinya lagi

*2. Tulislah segala sesuatu yang harus anda lakukan atau jadwal pada daftar anda.

Catatlah secara langsung sesegera mungkin setelah anda mimikirkan hal tersebut. Anda dapat memeriksa daftar anda di saat pekerjaan lain telah terseleikan.

*3. Ikuti jadwal dan rutinitas yang telah anda susun, buatlah hal tersebut sebagai kebiasaan juga

Rutinitas pagi, rutinitas saat malam, sistem kerja seputar tugas, sistem keuangan, jadwal kegiatan bersih-bersih rumah, managemen waktu (hari, minggu, bulan, per berapa bulan, dan rencana tahunan)

*4. Buatlah waktu pribadi di minggu anda, hal-hal yang penting untuk anda dan yang menyenangkan untuk di lakukan.

Meskipun hanya sebentar, luangkanlah. Memulai hobby baru juga hal yang baik, sesuai dengan keingininan anda seperti : membuat kue, membaca, berenang, belajar musik, atau bahkan membaca buku di cafe yang tenang dan nyaman bagi anda. Hal ini akan membuat anda beraktifitas lebih baik saat anda melakukan kegiatan untuk diri anda, sebagaimana membuat diri anda merasa terpenuhi.

*5. Bawalah buku catatan kecil bersama anda

Saat anda menemukan atau di haruskan mencatat hal-hal yang penting seperti alamat, referensi, nomor atau informasi yang berarti. Anda tidak perlu merobek sembarang kertas dan menaruhnya di kantong atau sembarang tempat, karena hal tersebut mudah sekali untuk hilang.

*6. Buatlah waktu tenang bagi anda tiap harinya

Rutinitas yang terlalu padat dan tidak menyempatkan waktu untuk menenangkan diri barang sejenak akan membuat hari anda terasa penat. Relaksasi diri dalam waktu hanya 5 menit saja, akan dapat mengurangi rasa stress anda.

*7. Buatlah waktu khusus untuk keluarga anda setiap hari

Hal ini merupakan sesuatu yang sederhana, tetapi banyak orang yang cenderung melupakannya. Misalnya anda dapat menanyakan,- Bu, cerita dong lagi mikir apa nih ? -, dengarkan kisahya, luangkanlah waktu.

*8. Miliki peraturan satu masuk, satu keluar di rumah untuk barang yang akan anda beli. 

Terlebih untuk pakaian dan mainan. Anda akan terhindar dari dilema terlalu banyak barang yang menumpuk di rumah anda.

*9. Terima ajakan keluar saat anda memang memiliki waktu dan hal memang itu bermanfaat bagi anda.

Menerima ajakan teman untuk nongkrong di cafe setiap hari misalnya, juga bukan hal yang baik kan. Memilah waktu yang manakah yang tepat adalah hal yang sangat baik, anda dapat memiliki kendali terhadap diri anda dan juga membuat anda tidak teralihkan dari kegiatan yang lebih prioritas.

*10. Belajarlah mengatakan TIDAK

Hal ini akan membuat anda sangat leluasa merdeka yang termasuk dari sisi waktu, energi, dan stress. Kita melakukan sesuatu, karena kita merasa harus melakukannya. Maka dari itu belajar bahwa berkata Tidak adalah hal yang baik-baik saja, akan benar-benar membuat perbedaan bagaimana anda merasakan hari-hari anda.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s