Ingin Jago Bahasa Inggris Seperti Bule? Pakai 5 tips ini deh

People Talking

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang saat ini sudah menyebar hingga ke seluruh dunia, sehingga mayoritas pendidikan di Indonesia memberikan pelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang diampuhkan. Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa universal dan dapat menyatukan seluruh dunia, sehingga untuk dapat berkomunikasi dalam dunia luar harus menggunakan bahasa Inggris.

Namun mempelajari bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah, dikarenakan bahasa ini bukanlah bahasa ibu bagi masyarakat Indonesia. Perkembangan jaman yang semakin maju menuntut masyarakat Indonesia untuk mempelajari bahasa Inggris, inilah tips jago berbahasa Inggris layaknya bule dari luar negeri,

1. Perbanyak baca kosa kata atau Vocabulary

Vocabulary atau kosa kata merupakan kunci utama, karena ketika kita memahami kata-kata dalam bahasa Inggris kita akan mudah menyampaikan maksud yang akan kita sampaikan. Meskipun grammar yang belum sempurna, hal tersebut bukanlah menjadi suatu kendala, karena apabila kita memahami banyak kosa kata akan memudahkan kita dalam berkomunikasi.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris adalah takutnya penempatan grammar yang salah, sehingga anak-anak akan malu untuk menggunakan bahasa Inggris. Padahal penggunaan grammar bukanlah hal yang utama, karena dengan menguasai kosa kata atau vocabulary akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi.

2. Musik adalah bahasa universal

Musik atau lagu merupakan bahasa universal yang mudah untuk didengarkan oleh semua orang, hal tersebut juga memungkinkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Dengan banyak mendengarkan lagu bahasa Inggris akan memudahkan kita memahami cara pengucapan dan penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Mendengarkan lagu dan musik bahasa Inggris memudahkan kita untuk menghafal dan memahami makna yang disampaikan. Pilih genre musik yang kamu sukai dengan menggunakan bahasa Inggris perdengarkan secara kontinyu, maka hal tersebut akan membuat bahasa Inggrismu lebih seru.

3. Biasakan untuk membaca dan mencatat artikel bahasa Inggris

Membaca dan mencatat merupakan salah satu hal yang dianggap membosankan oleh sebagian orang, dikarenakan akan menyita banyak waktu. Namun hal tersebut merupakan salah satu teknik sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan bahasa Inggris yang kita miliki.

Contohnya adalah ketika kita memiliki hobi otomotif, maka carilah artikel mengenai otomotif dalam bentuk bahasa Inggris, kita catat makna-makna penting dalam artikel tersebut dan apabila mengalami kesulitan kita cari maknanya dalam kamus. Lakukan hal tersebut secara rutin karena akan memiliki banyak manfaat, yang pertama kita akan memahami hobi yang kita cintai, dan yang kedua kita akan jago berbahasa Inggris.

4. Membiasakan diri berbicara dan mendengar bahasa Inggris

Lingkungan yang mendukung kita untuk jago berbahasa Inggris adalah dengan sering mengajak berbicara dan mendengarkan bahasa Inggris. Cobalah untuk mengajak teman atau saudara untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, meskipun awalnya terlihat aneh dan tidak biasa, lakukan hal tersebut dengan cara yang menyenangkan agar proses komunikasi berjalan dengan benar.

5. Lakukan secara kontinyu

Semua hal yang dilakukan dengan berulang-ulang akan menghasilkan manfaat yang besar, sama halnya dengan belajar bahasa Inggris ini. Dimulai dengan memperbanyak kosa kata, lakukan hal tersebut secara rutin untuk menambah kosa kata yang kita miliki. Setelah itu secara terus menerus mendengerkan lagu dan musik bahasa Inggris, dan apabilla kamu memiliki hobi bermusik kamu dapat mencatat artikel tentang musik atau menggubah liriknya ke dalam bahasa Inggris.

Jika semua hal tersebut sudah kamu lakukan secara berkelanjutan, komunikasikan dengan orang lain berbagai informasi yang kamu dapatkan dengan bahasa Inggris. Agar kemampuan bahasa Inggrismu lebih asyik, lakukanlah dengan cara yang sangat menarik.

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s