7 Kebiasaan Managemen Waktu yang Baik untuk Anda

Time Is Running Out

Mengembangkan strategi yang efektif untuk mengelola waktu anda merupakan hal yang sangatlah. Sehingga anda dapat menyeimbangkan tuntutan yang bertentangan waktu dan segala aktifitas yang anda lakukan. Kadang-kadang mungkin terlihat bahwa tidak ada waktu yang memadai untuk melakukan segala sesuatu yang perlu untuk di kerjakan.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan tingkat rasa stres dalam diri anda. Ketika anda diharuskan untuk menggabungkan tekanan dari kegiatan yang intensif dengan mencari waktu untuk melakukan kegiatan yang lain,  pengelolaan waktu yang baik bagi anda merupakan hal sangat penting. Berikut ini beberapa kebiasaan manejemen waktu yang dapat anda terapkan untuk membuat hari-hari anda menjadi lebih mudah.

*1. Fokus pada catatan daftar anda

Daftarkan hal-hal yang ingin anda lakukan seperti jadwal, rencana, dll. Hal ini akan membuat anda selangkah di depan dan membantu menata hari-hari anda sebagaimana anda dapat melihat hal-hal apa yang anda butuhkan atau kegiatan yang perlu anda lakukan.

*2. Tetapkan waktu pertemuan secara pasti (tentukan saat itu juga)

Kurangi janji waktu pertemuan yang terkesan molor dan mengambang. Sebagaimana hal ini dapat menyita banyak waktu anda dan mengurangi waktu untuk kegiatan anda yang lebih prioritas. Membiasakan diri tepat waktu akan membuat anda menjadi sosok yang professional kedepannya.

*3. Periksalah hal-hal yang membutuhkan alokasi waktu jauh-jauh hari

Anda menjadi tidak perlu kebingungan saat ada kegiatan yang membutuhkan kehadiran anda. Konsep waktu yang bertabrakan dalam kegiatan anda juga dapat di minimalisir.

*4. Selalu tambahkan data waktu yang di butuhkan dalam daftar kegiatan / rencana anda

Anda akan dapat melihat perkiraan seberapa banyak waktu yang anda gunakan setiap harinya, dan tidak berlarut-larut. Hal ini merupakan cara yang realistis untuk melakukan sesuatu sebagaimana orang-orang biasanya hanya mencapat hal-hal yang perlu di lakukan tanpa memperkiran estimasi waktu yang di perlukan dan lupa dengan alokasi waktu yang di butuhkan

*5. Jangan membiasakan mengerjakan sesuatu pada menit terakhir

Kerjakan dengan segera atau rencanakan dengan baik waktu untuk mengerjakannya. Anda tidak akan begitu merasa tertekan dengan kegiatan yang menumpuk.

*6. Seseleikan tugas anda satu per satu

Jangan biarkan tugas anda menumpuk untuk dikerjakan nantinya. Hal ini dapat memastikan anda bahwa semuanya telah di kerjakan dan anda tidak melewatkan satu pun. Juga menghemat waktu karena saat anda membaca kembali tugas anda terlebih yang belum terseleseikan, maka hal tersebut membutuhkan usaha yang berlipat tanpa alasan yang jelas.

*7. Buang materi yang tidak anda perlukan ke tempat sampah segera mungkin

Memeriksa kembali surat-surat, amplop, kertas-kertas yang tidak anda butuhkan untuk kedua kalinya tentu akan menyita waktu dan energi anda.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s