Apa yang Dimaksud dengan Karbohidrat?

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar istilah karbohidrat, atau yang dalam dunia modern cukup disingkat dengan istilah karbo (carb dalam bahasa Inggris). Karbohidrat adalah senyawa kimia yang terdiri atas karbon, oksigen, dan hidrogen. Ada dua bentuk dasar dari karbohidrat: sederhana dan kompleks. Gula, seperti glukosa dan fruktosa, adalah karbohidrat sederhana.

Makanan KarboPati (pada tanaman) dan glikogen (pada manusia dan hewan lainnya), yang terbentuk dari rantai panjang partikel gula, adalah karbohidrat kompleks. Karena ada banyak pati dalam tanaman dan sangat sedikit glikogen pada hewan, pati tanaman adalah karbohidrat kompleks yang disebut sebagai nutrisi.

Sebagian besar energi yang kita butuhkan untuk kegiatan sehari-hari diperoleh dari kelompok nutrisi ini, yang menyediakan 4 kalori per gram karbohidrat. Karbohidrat sederhana dipecah atau dicerna dengan cepat dan digunakan oleh tubuh untuk membuat energi segera. Gula ditemukan dalam berbagai makanan, seperti susu dan produk susu, buah-buahan, gula meja, madu, sirup, selai, dan jeli.

Meski gula adalah pasokan energi yang siap pakai, pati harus dipecah menjadi gula sebelum tubuh dapat menggunakannya untuk energi. Pati ditemukan dalam roti, sereal, kentang, pasta, nasi, dan biji-bijian lain seperti bulgur dan couscous. Makanan karbohidrat kompleks ini menyediakan pasokan energi.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s