Apakah Robot Itu Sebenarnya?

Robot adalah mesin yang diatur dan diprogram untuk melakukan berbagai tugas yang secara fisik harus mampu menggerakkan dirinya sendiri atau benda lainnya. Kebanyakan tugas yang dilakukan robot berulang-ulang, sulit, atau berbahaya bagi manusia. Teknologi yang berhubungan dengan robot disebut robotika.

RobotPenggunaan pertama dari kata “robot” adalah oleh dramawan Ceko Karel Čapek pada tahun 1921 untuk dramanya R.U.R. (Rossum’s Universal Robots). Drama itu berkisah tentang seorang pria yang menciptakan mesin mirip manusia untuk bekerja di pabriknya. Čapek menciptakan kata “robot” dari kata Ceko “robot”, yang berarti “kerja” atau “perbudakan”.

Robot asli pertama dikembangkan oleh penemu Amerika George Devol dan Joseph Engelberger pada tahun 1958. General Motors membeli robot industri pertama dan memasangnya di pabrik mobil Trenton, New Jersey. Tugasnya adalah untuk mengangkat dan menumpuk potongan logam panas.

Hari ini, robot komersial tersedia dalam dua tipe dasar, manipulator dan mobile. Robot manipulator terlihat seperti lengan mekanik. Panjangnya dapat berkisar dari 12 inci (30 cm) sampai 12 kaki (3,7 meter) atau lebih. Robot manipulator, atau robot lengan, adalah jenis robot yang paling umum digunakan untuk tujuan praktis saat ini.

Robot mobile bergulir dengan roda dari satu tempat ke tempat lain. Sejauh ini, robot ini hanya memiliki sedikit penerapan praktis. Namun, para peneliti sedang mengembangkan robot mobile yang lebih canggih. Mereka telah membangun sebuah humanoid (robot mirip manusia) yang dapat berjalan sangat lambat, berbalik, dan memanjat tangga. Tapi robot semacam ini belum memiliki penggunaan praktis.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s