Radio Sebagai Bagian dari Keseharian Kita

Radio adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Radio pribadi, radio stereo mobil, dan radio jam hanyalah beberapa dari banyak jenis radio yang kita gunakan. Sejak penemuannya lebih dari 100 tahun yang lalu, radio telah menjadi salah satu bentuk alat komunikasi yang paling populer dan dapat diandalkan.

RadioRadio adalah teknologi elektronik yang memungkinkan komunikasi antara dua titik tanpa dihubungkan kabel atau kawat. Sebelum ada radio, komunikasi telepon dan telegraf memerlukan kawat untuk mengantar pesan antara pengirim dan penerima. Gelombang radio dapat membawa sinyal yang mewakili suara atau informasi lainnya di darat atau melalui udara atau luar angkasa. Sinyal ini bergerak pada kecepatan cahaya, sehingga pesan dapat mencapai tempat manapun di dunia hanya dalam waktu sekitar satu detik.

Berkomunikasi melalui radio melibatkan tiga langkah: 1) mengkonversi, atau mengubah, suara atau informasi lainnya menjadi sinyal listrik; 2) mentransmisikan sinyal; dan 3) menerima sinyal. Teknologi baru, seperti sinyal digital dan penggunaan satelit dalam transmisi radio, tidak mengubah langkah-langkah dasar itu.

Bentuk komunikasi radio yang paling akrab adalah radio siar. Selain itu, radio memiliki kegunaan penting dalam industri, transportasi, dan keamanan publik. Benda ini juga digunakan dalam jaringan komunikasi, pertahanan nasional, pengolahan informasi, perjalanan dan eksplorasi ruang angkasa, serta banyak sektor lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s