15 Fakta Astro Boy, si Robot yang Memiliki Hati

Astro Boy

Astro Boy merupakan sosok karakter di dalam serial manga yang di buat oleh Osamu Tezuka yang nama aslinya ialah Mighty Atom (Tetsuwan Atomudengan terbitan awal di tahun 1952 hingga 1968. Serial Astro Boy menceritakan mengenai kisah seorang robot dengan fisik anak yang berusia sekitar 13 tahun dalam perjalanannya berdampingan dengan dunia manusia di Metro City. Beberapa serial animasinya yang bagus antara lain Astro Boy (2003) dan Astro Boy Reboot yang merupakan seri terbaru.

Awal Astro Boy di ciptakan ialah dengan tujuan sebagai pengganti dari searang anak yang telah meninggal, Astro Boy (biasanya di panggil dengan Astro atau Atom) di ciptakan oleh Dr. Tenma yang merupakan pimpinan departemen sains sebagai pengganti Tobio, anaknya yang meninggal di karenakan kecelakaan. Di penuhi dengan rasa kedukaan yang mendalam maka Dr. Tenma pun mengerahkan segala kemampuannya yang jenius untuk membuat Astro dengan persamaan fisik menyerupai Tobio, serta melengkapinya dengan teknologi paling mutakhir yang tidak ada duanya serta memiliki banyak kelebihan jika di bandingkan dengan robot pada umumnya.

Dengan memori Tobio yang di tanamkan di Astro, Dr. Tenma berharap bahwa ia dapat menggantikan Tobio Tenma dan menghapus perasaan duka karena kehilangan putranya. Namun lambat laun Dr. Umatarō Tenma menyadari bahwa robot kecil ini tidak bisa menggantikan posisi putranya di hatinya, terlebih lagi fisiknya yang tetap sama dan ia tidak bisa tumbuh berkembang menjadi dewasa sebagaimana anak pada umumnya. Kemudian, Dr. Tenma menelantarkan robot kecil yang tak bersalah ini.

Astro Boy 3

Saya masih ingat saat pertama kali membaca komik Astro Boy semasa kecil, meskipun komiknya bekas dan separuh komiknya hilang. Entah mengapa masih teringat bagaimana kisah Astro Boy yang terasa sangat sedih kala itu. Robot ini di telantarkan begitu saja, padahal robot kecil ini memiliki sesuatu yang berbeda dengan robot-robot lainnya yang di buat hanya untuk membantu manusia. Hal yang berbeda itu ialah Astro Boy memilki hati, ia dapat merasakan dan mengalami perasaan layaknya manusia pada umumnya.

Serial Astro Boy tidak hanya mengenai action atau pertempuran di antara robot semata, tetapi memiliki nilai lebih yaitu perjalanan robot yang memiliki perasaan ini untuk bersanding dan di terima oleh manusia lainnya. Dengan kekuatannya yang di design paling mutakhir, Astro Boy berusaha melindungi Metro City (yaitu tempat di mana robot dan manusia berdampingan) dari segala macam ancaman. Tetapi Astro Boy lebih mengedepankan pendekatan dari hati saat berhadapan dengan lawan-lawannya ketimbang menggunakan kekuatannya.

Gambar Ilustrasi Kartun Astroboy

Dari lubuk hati yang terdalam Astro Boy menginginkan untuk di cintai oleh keluarga sebagaimana manusia pada umumnya. Dan segala duka Astro Boy berangsur-angsur berkurang manakala ia bertemu dengan Professor Ochanomizu yang saat itu menjabat sebagai pimpinan departemen sains yang baru dan mulai merawat Astro Boy dengan kasih sayang. Ia juga menciptakan robot-robot lain sebagai keluarga Astro Boy, salah satunya ialah Uran atau Astro Girl sebagai adik Astro Boy.

Berikut ini fakta-fakta Astro Boy yang sangat sayang untuk di lewatkan, dan membuat Anda lebih mengenal tentang tokoh yang menakjubkan ini. Mari kita simak bersama ya:

1. Astro Boy mempunyai kekuatan sangat besar yaitu sekitar 100,000 horsepower. Sebagai perbandingan, supercar Lamborghini Aventador LP1600-4 Mansory Carbonado GT memiliki kekuatan 1600 horsepower.

Astro Boy 2

2. Di samping memiliki kepribadian seperti anak kecil, Astro Boy juga memiliki “tujuh kekuatan yang menakjubkan” yaitu: dapat terbang dengan kekuatan jet, dapat berbicara berbagai bahasa, lampu di mata untuk membantu penglihatannya, kemampuan analisis, pendengaran yang super sensitif, senjata rahasia di bagian belakang tubuhnya, dan kemampuan mengetahui apakah seseorang itu jahat atau baik.

3. Di samping beberapa kekuatan di atas, Astro juga di lengkapi teknologi pertahanan dan komunikasi yaitu: senjata laser di ujung jarinya, meriam laser di kedua lengannya, senjata di bagian belakang, kemampuan mendeteksi radiasi dan dilengkapi dengan sistem komunikasi gelombang pendek.

Uran Astroboy

4. Uran adik Astro Boy, juga memiliki kemampuan merasakan perasaan seperti manusia. Karakternya yang sedikit nakal, kadang menyebabkan Astro mengalami masalah. Meskipun kurang di lengkapi dengan persenjataan, ia memiliki kekuatan yang cukup besar separuh Astro yaitu 50.000 horsepower. Dan di seri Astro Boy 2003, Uran memiliki kemampuan berbicara dengan hewan.

5.  Osamu Tezuka memiliki konsep yang di namai dengan “Star System”, yaitu munculnya beberapa tokoh di karyanya yang lain pada serial Astro Boy, tetapi dengan peran dan cerita yang berbeda. Astro Boy juga muncul di karya Osamu Tezuka yang lainnya dengan peran berbeda. Astro Boy muncul di manga dan anime Black Jack – Undersea Super Train: Marine Express, dengan nama yang lain yaitu Adam.

next

Advertisements

4 thoughts on “15 Fakta Astro Boy, si Robot yang Memiliki Hati

  1. Alfarizi

    Terima kasih atas infonya, saya saya sangat senang, jadi teringat lagi kalo Astro Boy itu kesayangan saya.
    Dan juga saya memiliki episodenya lengkap dari versi 1963, 1980, 2003 dan juga yang the movie 2009.
    Saya mau tanya nih tolong saya minta alamat download astro boy 2003 yang asli saya hanya punya episode 1-14 tolong saya ya.
    Terima kasih banyak.

    Reply
    1. Little Light Post author

      Wah… senengnya ada yang suka juga dengan Astro Boy, uda lihat belum yang Astro Boy the movie? setelah versi 2003… keren sepertinya, sempat lihat tapi berhubung webnya bahasa jepang jadi agak kesusahan ngikutinya. Astro Boy 2013 yang asli..wow keren banget itu, sempat download selama 3 minggu hanya buat ngumpulin serinya, beneran mau tau link buat downloadnya nih?

      Reply
  2. Alfarizi

    Dari sini saya download astro boy 2003 asli + subtile indonesia, tapi hanya sampe episode 14.

    Ingin sekali dapat semua episodenya dan juga (maaf agak menghayal) saya ingin juga jadi seperti astro boy.

    Reply
    1. Little Light Post author

      Banyak kok para fans yang pengen jadi astro boy, ya atau setidaknya temannya Astro boy hehehe.

      Cerita dulu nggak papa kan, nah jadi gini.. karena saya nge-fans berat sama Astro Boy dan serialnya yang gambar animasinya sangat bagus (versi 2003). Lalu saya dulu cari-cari alamat buat download deh, tapi susah banget jika di bandingkan anime-anime lainnya dan anehnya khusus yang Astro Boy seri 2003 asli jepang. Versi yang banyak bertaburan itu Astro Boy 2003 dengan pengisi suara bahasa Inggris, tapi musik, dialog dan adegan-adegannya banyak yang di edit biar terkesan astro boy robot yang garang. Barusan nemu tempat download tapi karena ga ada yang sharing file jadi ga bisa didownload, Ada sih yang juga nyediakan tp cuma sampai episode 24, dan web tempat saya dulu download hingga komplit sekarang uda ga ada. saran saya coba nyari dvd nya aja. Ada kok di situs jual beli, tapi sebelum beli di cek aja dulu apakah yang versi dub jepang atau english gt.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s