Mengenal Sosok Jenius Pythagoras

Pythagoras adalah seorang filsuf dan matematikawan Yunani awal. Dia lahir sekitar 560 SM di Samos, sebuah pulau di Laut Aegean. Dia mengenal matematika Mesir kuno dan Babilonia selama perjalanannya sebagai seorang pemuda. Pada sekitar usia 30 tahun, Pythagoras pindah ke koloni Yunani di Italia selatan. Di sana dia mendirikan sebuah organisasi rahasia yang dikenal sebagai Pythagorean.

PythagorasPythagoras mengajarkan pada pengikutnya bahwa segala sesuatu di alam semesta dapat dijelaskan dengan angka, khususnya dengan seluruh angka. Dia mungkin mendapat kepercayaan ini sebagai hasil dari penemuannya bahwa harmoni musik dapat dijelaskan dengan angka. Misalnya, ia mempelajari bahwa menggandakan panjang senar petik akan menghasilkan nada satu oktaf lebih rendah.

Banyak konsep penting matematika yang dikreditkan pada Pythagorean. Mereka membuktikan bahwa langkah-langkah tertentu, seperti diagonal persegi, tidak dapat dinyatakan sebagai rasio dari dua bilangan bulat. Penemuan ini sulit mereka terima karena bertentangan dengan filosofi mereka sendiri; untuk sementara waktu mereka mencoba untuk menjaganya tetap rahasia. Angka tersebut kemudian diklasifikasikan sebagai bilangan irasional.

Dan gagasan yang paling dikaitkan dengan Pythagoras, teorema Pythagoras, sudah dikenal sejak peradaban kuno, tetapi Pythagoras adalah orang yang menunjukkan bukti pertamanya. Teorema ini menyatakan bahwa dalam segitiga siku-siku kuadrat dari panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari panjang dua sisi lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s