Legenda Aesop dan Dongeng-dongeng Indahnya

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Aesop. Bahkan, ada beberapa keraguan apakah dia pernah hidup atau tidak. Kebanyakan sarjana percaya bahwa orang seperti itu benar-benar ada, dan kisah hidupnya dapat disatukan. Dia mungkin lahir sekitar 620 SM di negara Asia kuno Frigia.

AesopSeorang Yunani kaya bernama Iadmon membeli Aesop dan menjadikannya budak rumah tangga. Aesop jelek, pincang, dan hitam. Karena kulit hitamnya, orang Yunani memanggilnya Ethiop, atau Aesop, karena mereka percaya bahwa semua orang berkulit hitam berasal dari negara Afrika Ethiopia.

Aesop tidak berpendidikan, tapi dia tahu banyak tentang orang-orang dan cara mereka berperilaku. Ketika berada di rumah Iadmon, dia memiliki kesempatan untuk melihat dan mendengar tentang orang-orang penting dari masyarakat dan politik Yunani. Segera Aesop mulai menceritakan kisah indah tentang hewan yang berbicara dan berperilaku seperti orang-orang Yunani. Kadang-kadang cerita ini lucu, seringkali juga mengandung komentar pahit tentang kehidupan orang Yunani.

Iadmon menyukai cerita yang dibawakan Aesop. Dia mulai mengajaknya ke rumah orang-orang penting lainnya di mana Aesop bercerita tentang hewan baru, selalu dengan nilai moral yang di akhir. Ketenaran Aesop menyebar, dan pada waktu itu Iadmon membebaskannya. Aesop menghabiskan sebagian besar hidupnya pergi dari satu rumah orang kaya ke rumah orang kaya lain, menceritakan kisah pada perjamuan dan pertemuan besar orang-orang penting Yunani.

Akhirnya Kaisar Croesus mendengar tentang Aesop dan memperkerjakannya dalam kerajaan. Selama bertahun-tahun, Aesop tinggal di sana dan bercerita. Seringkali dongengnya berkisar tentang urusan di pengadilan atau mengekspresikan ide-ide tentang bagaimana orang-orang berpangkat harus bertindak.

Ada laporan yang berbeda tentang kematian Aesop. Satu mengatakan bahwa dia dihukum mati karena mencuri secangkir emas dari kuil Apollo. Lainnya menceritakan tentang kemarahan beberapa orang yang melemparkannya dari tebing. Entah Aesop benar-benar hidup atau tidak tidaklah terlalu penting. Yang penting adalah bahwa seseorang yang mungkin bernama Aesop memberi kita banyak dongeng indah, seperti “The Fox and the Grapes,” “The Wind and the Sun,” dan “The Lion and the Mouse”.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s