Mengenal Kehidupan Samuel Colt Sang Penemu Revolver

Samuel Colt adalah seorang penemu dan industrialis Amerika. Ia menjadi terkenal karena menciptakan pistol dengan silinder bergulir. Revolver Colt dengan cepat bisa melepaskan beberapa tembakan secara berturut-turut. Senjata sebelumnya perlu diisi ulang setelah ditembakkan. Senjata Colt secara luas digunakan dalam Perang Meksiko (1846-1848) dan Perang Saudara Amerika (1861-1865). Pemukim Amerika juga menggunakan revolver Colt dalam ekspansinya ke barat Amerika Serikat.

Samuel Colt

Samuel Colt

Colt lahir di Hartford, Connecticut, pada 19 Juli 1814. Dia menunjukkan minat awalnya dalam ilmu pengetahuan dan mesiu. Colt bekerja di peternakan dan di pabrik pemutihan dan pencelupan milik ayahnya sebelum menjadi seorang pelaut di tahun 1830. Cara kerja roda kapal mungkin telah mengilhami desain pistol Colt.

Pada tahun 1832, Colt meminta ayahnya untuk membiayai pembuatan senjata dengan silinder bergulir. Tapi Colt segera harus menemukan lebih banyak uang di tempat lain. Dia mulai melakukan perjalanan dan mengajar orang-orang tentang efek oksida nitrat. Dia mendapatkan cukup uang untuk menyewa ahli untuk membuat model pistol berdasarkan ide-idenya. Colt mematenkan “pistol bergulir” di Inggris dan Perancis pada tahun 1835 dan di Amerika Serikat pada tahun 1836. Kemudian, dia harus berjuang keras untuk melindungi hak-hak patennya.

Pada tahun 1847, Angkatan Darat Amerika Serikat memesan 1.000 pistol dari Colt. Dia memperoleh cukup uang dari penjualan ini untuk membangun pabrik, yang merupakan salah satu pabrik pertama yang menggunakan metode jalur perakitan untuk produksi. Sebelum ada jalur perakitan, senjata dibuat dengan tangan, satu per satu, oleh perakit senjata. Di pabrik Colt, tiap bagian dibuat dengan bantuan mesin dan dirakit oleh pekerja di berbagai pos. Pabrik itu bisa menghasilkan banyak pistol dengan cepat dan murah. Colt menjadi terkenal dan kaya. Dia meninggal pada tanggal 10 Januari 1862. Perusahaannya terus membuat pistol selama bertahun-tahun sesudahnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s