Pentingnya Bahasa Bagi Kita

Bahasa adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa bahasa, pemerintah tidak bisa beroperasi, bisnis akan tutup, perdagangan tidak bisa dilakukan, dan ilmu pengetahuan dan industri akan menemui jalan buntu. Bahkan, tanpa bahasa sebagian besar aktivitas manusia akan terhenti.

BahasaKata “bahasa” berasal dari bahasa Latin, yang berarti “lidah.” Dalam berbicara, lidah digunakan dalam berbagai kombinasi suara, lebih banyak dari organ lain. Sebuah interpretasi yang lebih luas dari “bahasa” adalah bahasa merupakan setiap bentuk ekspresi. Oleh karenanya, bahasa meliputi menulis, bahasa isyarat, tarian, musik, lukisan, dan bahkan matematika.

Tapi bentuk dasar bahasa adalah ucapan atau cara bicara. Ucapan membuat manusia berbeda dari semua hewan. Tidak ada kelompok manusia yang tak memiliki bentuk ucapan, meski ada kelompok hewan yang pernah berhasil menggabungkan suara dan makna ke dalam kode yang kompleks yang digunakan manusia. Hewan dapat menunjukkan sukacita, ketakutan, kebencian, atau kewaspadaan melalui suaranya, tetapi itu semua tidak dapat membawa pesan di luar situasi darurat.

Manusia dapat merujuk pada masa sekarang, masa lalu, atau masa depan. Mereka dapat berurusan dengan sesuatu yang jauh dari pandangannya dan jutaan kilometer jauhnya. Ucapan mereka menjadi bahasa tertentu ketika dua atau lebih manusia memutuskan bahwa suara atau seperangkat suara tertentu memiliki arti yang sama bagi mereka. Itulah kesepakatan bahasa.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s