Bagaimana Perekonomian Negara Albania?

Secara historis, Albania merupakan salah satu negara paling berkembang di Eropa. Pada suatu waktu, sebagian besar penduduknya adalah petani, meskipun sebagian besar daerah pegunungan sangat membatasi jumlah lahan yang cocok untuk pertanian. Di bawah pemerintahan Komunis, Albania memiliki ekonomi terencana terpusat yang dikontrol oleh negara, yang menekankan pada pembangunan industri.

Kota AlbaniaSekitar setengah penduduk Albania masih bergerak di bidang pertanian. Tanaman pangan utama meliputi gandum, jagung, dan kentang. Tanaman komersial utamanya adalah kapas, tembakau, beras, gula bit, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Domba secara tradisional adalah bentuk paling penting dari ternak. Tapi ayam, kambing, babi, dan sapi juga diternakkan.

Manufaktur dan pertambangan saat ini mempekerjakan sekitar sepertiga dari angkatan kerja Albania. Produk industri utamanya adalah mineral, produk minyak olahan, makanan olahan, tekstil, mesin, bahan bangunan, dan pupuk.

Ekspor utama Albania meliputi kromit dan bijih mineral lainnya, makanan olahan, dan produk tembakau. Negara ini mengimpor bahan kimia, logam, dan kertas, dan produk karet. Kurangnya curah hujan di awal dekade 1990-an memaksa impor biji-bijian dan bahan makanan lainnya.

Kereta api adalah layanan paling penting di negara ini yang menghubungkan pelabuhan Durrës dengan kota Tirana dan Elbasan. Layanan penerbangan menghubungkan Tirana dengan ibukota negara-negara tetangga. Ada beberapa jalan aspal, namun banyak bagian negara ini yang hanya memiliki jalan tanah atau kerikil. Di pedalaman, sebagian orang masih bepergian dengan kuda atau gerobak sapi tradisional. Radio, televisi, dan bentuk-bentuk komunikasi lain dikuasai oleh negara.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s