Apa yang Perlu Diketahui Tentang Orang Bolivia?

Sekitar 55 persen penduduk Bolivia adalah orang Quechua dan Aymara. Quechua adalah keturunan dari penjajah Inca yang datang ke Bolivia pada tahun 1200-an. Sedangkan nenek moyang orang Aymara berasal dari masa lebih dari 1.000 tahun silam, yakni dari peradaban besar Tiahuanaco yang berkembang di tepi Danau Titicaca di Andes.

Orang BoliviaMestizo, atau orang-orang keturunan campuran Eropa dan pribumi, membentuk sekitar 30 persen dari populasi Bolivia. Sekitar 15 persennya adalah keturunan Eropa yang bukan campuran.

Bolivia memiliki tiga bahasa resmi: Spanyol, Aymara, dan Quechua. Spanyol adalah bahasa utama kebanyakan orang Bolivia. Orang Aymara dan Quechua berbicara dalam bahasa asli mereka, tetapi kebanyakan dari mereka juga berbicara dalam bahasa Spanyol. Sekitar 95 persen dari orang Bolivia memeluk Katolik Roma. Ada sebagian kecil pemeluk Protestan yang terus tumbuh.

Di Bolivia, anak-anak diminta untuk mengikuti sekolah dasar selama delapan tahun, dari usia 6 sampai 13 tahun. Sistem pendidikan meliputi sekolah negeri dan swasta. Sekitar 90 persen dari orang Bolivia yang berusia di atas usia 15 tahun melek huruf.

Dan universitas negeri terbesar yang paling terkenal di Bolivia adalah Universidad Mayor de San Simón di Cochabamba dan Universidad Mayor de San Andrés di La Paz. Lembaga pendidikan negeri lainnya, Universidad Mayor de San Francisco Xavier, yang terletak di Sucre, didirikan pada tahun 1624. Ini adalah salah satu universitas tertua di Amerika Selatan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s