Sekelumit Tentang Hewan Lucu Kanguru

Kanguru berdiri di atas kaki belakangnya yang kuat, mencapai tinggi hampir 7 kaki (2 meter). Untuk sesaat ia mengendus udara, kemudian ia mulai beraksi, melompat-lompat bersama dengan ekor panjang berototnya berayun ritmis. Kanguru merah melaju di dataran Australia dengan kecepatan lebih dari 40 mil (64 kilometer) per jam. Ia dapat melompat sejauh 30 kaki (9 meter) dalam sekali lompatan!

KanguruKanguru memiliki berbagai ukuran. Kanguru merah yang seukuran manusia beratnya mencapai 200 pound (91 kilogram). Tapi kanguru tikus hanya tumbuh sekitar 13 inci (33 cm) panjangnya dengan berat sekitar 2 pon (1 kg).

Kanguru terdiri atas lebih dari lima puluh spesies atau jenis. Mereka tinggal di Australia, New Guinea, dan pulau-pulau tetangga lainnya. Mereka dapat ditemukan di banyak lingkungan yang berbeda, seperti gurun, padang rumput, dan hutan hujan. Kebanyakan kanguru adalah penghuni daratan. Tapi beberapa dari mereka hidup di pohon-pohon.

Istilah “kanguru” biasanya diterapkan pada spesies besar kanguru, seperti kanguru merah dan kanguru abu-abu, yang paling akrab dengan manusia. Tergantung pada ukurannya, spesies lain dari mamalia berbulu ini juga disebut walabi, wallaroo, quoka, atau pademelon. Jika Anda mengunjungi Australia, rasanya takkan lengkap jika Anda tak melihat kanguru. Hewan eksotis ini menjadi simbol Australia yang telah memikat banyak orang di seluruh dunia.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

One thought on “Sekelumit Tentang Hewan Lucu Kanguru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s