Fakta Unik Tentang Basket Wanita

Basket wanita dimulai pada tahun 1892 ketika para wanita di Smith College mulai memainkan olahraga yang diciptakan oleh Dr. James Naismith itu. Saat ini, basket dimainkan di seluruh dunia oleh pria dan wanita. Basket wanita sebagian besar mengikuti aturan yang sama seperti basket pria, dengan pengecualian bolanya lebih kecil.

Basketball Bola basketHall of Fame

Ada Hall of Fame khusus yang ditujukan untuk basket wanita. Terletak di Knoxville, Tennessee, Women’s Basketball Hall of Fame dibuka pada tahun 1999. Bangunan ini menyimpan artefak dan memorabilia untuk mengenang sejarah basket wanita. Tempat ini juga didedikasikan untuk mengenang jasa mereka yang berkontribusi pada basket perempuan. Women’s Basketball Hall of Fame juga memiliki bola basket terbesar di dunia, setinggi 30 kaki dan berat 10 ton.

Pat Summitt

Lahir pada tahun 1952, Pat Summitt, pelatih kepala wanita di University of Tennessee, adalah pelatih tersukses sepanjang masa pada setiap tingkatan basket perguruan tinggi. Sejak mengambil alih kendali Volunteers pada tahun 1974, dia telah memenangkan delapan kejuaraan nasional dan mencatatkan lebih dari 1.000 kemenangan. Dia dilantik masuk Basketball Hall of Fame dan Women’s Baskeball Hall of Fame. Lapangan basket di University of Tennessee dinamai The Summitt untuk menghormatinya.

WNBA Pertama

Musim perdana WNBA adalah di tahun 1997. Delapan tim berkompetisi di musim pertama WNBA ini. Franchise aslinya terletak di Charlotte, Cleveland, Detroit, Houston, New York, Phoenix, Sacramento, dan Utah. Tina Thompson adalah pemain pertama yang dipilih dalam WNBA Draft perdana dan MVP pertama adalah Cynthia Cooper. Pada musim pertamanya, WNBA menarik lebih dari satu juta penggemar. Houston Comets memiliki prestasi besar dengan memenangkan kejuaraan WNBA pertama, mengalahkan NY Liberty.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s