Bagaimana Iklim Negara Bagian Alaska?

Iklim Alaska bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Panhandle Alaska (Alaska Tenggara) dan dataran pantai di sepanjang Teluk Alaska memiliki suhu sedang dan hujan lebat. Pegunungan tinggi melindungi daerah tersebut dari angin utara yang dingin, dan arus laut menghangatkan pantai. Angin dari Samudera Pasifik kehilangan kelembaban saat bertabrakan dengan gunung-gunung dan membasahi daerah ini dengan hujan.

AlaskaCurah hujan tahunan rata-rata di wilayah ini adalah sekitar 94 inci (2.388 mm). Tetapi beberapa daerah menerima dua kali lipat dari curah hujan itu. Suhu tahunan rata-rata adalah 41 °F (5 °C). Daerah Copper River, Cook Inlet, dan Bristol Bay memiliki musim dingin yang sangat dingin dan sedikit hujan.

Suhu musim panas dan musim dingin di pedalaman lebih ekstrim. Curah hujan tahunan rata-rata adalah sekitar 15 inci (380 milimeter). Musim tanam di Tanana Valley dekat Fairbanks rata-rata hanya sekitar 100 hari. Tapi sinar matahari musim panas yang lama membantu mengompensasi pendeknya musim. Perairan Samudra Arktik menjaga Arktik Alaska tetap hangat dibandingkan pedalaman yang dingin. Curah hujan rata-rata hanya sekitar 7 inci (178 milimeter) per tahun.

Cuaca di Kepulauan Aleutian dipengaruhi oleh Samudra Pasifik yang hangat di selatan dan Laut Bering yang dingin di utara. Udaranya basah dan berkabut. Suhu tahunan rata-rata hampir sama dengan suhu di sepanjang Teluk Alaska. Tapi curah hujan hanya sekitar setengahnya. Angin kencang yang disebut Williwaws sering menyerang pulau-pulau di sana.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s