Fakta Unik tentang Hibernasi Beruang

Beruang hitam dan coklat memiliki kebiasaan tidur dan makan yang cukup menarik, terutama selama musim dingin. Beruang adalah contoh sempurna tentang bagaimana hewan di alam liar beradaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi yang menantang.

Beruang lucu bearHibernator

Beruang hitam dan coklat berhibernasi, tapi beruang kutub tidak. Beruang bukan satu-satunya makhluk yang tidur untuk jangka waktu yang lama selama musim dingin. Bajing tanah, tupai tanah, landak, sigung, rakun, kelelawar, kura-kura, katak, ular, kepik, dan beberapa ikan juga berhibernasi selama musim dingin.

Lama Hibernasi

Menurut Yellowstone National Park Service, lama hibernasi sangat bervariasi, tergantung pada garis lintang lokasi beruang. Misalnya, beruang hitam di Meksiko hanya dapat berhibernasi selama beberapa hari atau minggu, sedangkan jenis beruang yang sama di Alaska berhibernasi selama setidaknya setengah tahun.

Makanan dan Lemak

Seekor beruang harus makan banyak sebelum tidur panjang selama musim dingin dan akan makan sepanjang di siang dan malam. Beruang coklat bisa makan hingga 90 pon makanan sehari selama waktu ini. Mereka akan memakan rumput, akar, buah, ikan, serangga, dan hewan kecil. Beberapa beruang hitam dapat melahap hingga 30 pound makanan per minggu selama masa pra-hibernasi. Sejumlah beruang bahkan mengumpulkan beberapa makanan untuk disimpan di dalam sarang mereka.

Beruang grizzly dan beruang hitam tidak bangun untuk makan selama bulan hibernasi. Sebaliknya, mereka menggunakan lemak tubuh untuk mempertahankan diri mereka sendiri. Tubuh mereka benar-benar mendaur ulang produk sampingan metabolisme lemak dan menggunakannya untuk membangun protein untuk otot dan jaringan mereka. Tubuh mereka menciptakan semacam sumbat untuk menjaga makanan yang dicerna tetap berada di dalam, mencegah kotoran ke luar dari tubuh saat mereka tidur.

Suhu tubuh

Ketika beruang tidak berhibernasi, suhu tubuh mereka sekitar 100-101 derajat Fahrenheit. Namun, ketika mereka tidur panjang yang nyenyak, suhu tubuh mereka akan turun menjadi sekitar 88 derajat. Beberapa hewan lain menurunkan suhu tubuh mereka jauh di bawah suhu aktif normal, dan mereka harus membiarkan tubuh mereka untuk memanas setelah bangun sebelum mereka dapat bergerak. Kadang-kadang hewan-hewan lain memerlukan waktu beberapa hari sebelum mereka dapat menjadi aktif kembali.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s