Menelisik Keindahan Jasper National Park di Alberta

Jasper National Park terletak di Pegunungan Rocky di Alberta barat. Taman nasional ini memiliki pemandangan megah berupa pegunungan, gletser besar, danau dan sungai yang indah, serta satwa liar yang melimpah. Taman ini mencakup area seluas sekitar 1.087.800 hektar.

Jasper National Park Sebuah jalan raya indah yang disebut Icefields Parkway membentang melalui pegunungan Jasper National Park. Dari jalan raya ini, pengendara dapat melihat puncak megah Gunung Athabasca dan Gunung Fryatt, keduanya memiliki tinggi lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut. Icefields Parkway menghubungkan taman ini dengan Banff National Park yang terletak di selatan.

Columbia Icefield, lembaran besar es glasial, sebagian berada di taman nasional Jasper dan Banff di Alberta, dan sebagian di British Columbia. Bidang es ini meliputi lahan seluas 325 kilometer persegi dan dalamnya mencapai 365 meter. Athabasca Glacier mengalir dari bidang es ini.

Tempat-tempat menarik lainnya di Jasper National Park antara lain jurang yang disebut Maligne Canyon, yang dalamnya sekitar 51 meter, dan Danau Maligne, danau glasial terbesar di Amerika Utara. Danau Maligne panjangnya sekitar 22 kilometer. Wisatawan juga bisa mengunjungi situs-situs lain di taman tersebut, antara lain Athabasca Falls, Medicine Lake, Miette Hot Springs, dan The Whistlers, gunung yang bisa diakses dengan kendaraan kabel udara.

Jasper National Park memiliki hutan besar yang dipenuhi pohon cemara, pinus, dan sejenisnya. Di musim panas, bunga liar berwarna-warni tumbuh di padang rumput lembah. Hewan-hewan yang ada di taman ini antara lain domba Bighorn, beruang hitam dan grizzly, rusa, elang emas, caribou gunung, kambing gunung, ptarmigan, dan serigala.

Jasper National Park didirikan pada tahun 1907. Taman nasional ini menawarkan berbagai kegiatan, seperti memancing, golf, hiking, dan camping di musim panas serta cross-country dan ski lereng di musim dingin. Tempat ini juga memiliki sekitar 1.800 area perkemahan. Kota resor Jasper di bagian tengah taman ini memiliki hotel, motel, dan fasilitas wisata lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s