Ini Cara Efektif Melupakan Mantan Anda

break-up-patah-hati-putus-mantan

Berpisah dengan kekasih yang tiap saat menemani kita dalam keadaan suka dan duka, yang dengan dia kita berbagi kebahagiaan, senyuman dan tawa riang, adalah hal yang benar-benar sangat menyebalkan, saya ulangi hal yang sangat menyebalkan. Tiba-tiba saja mimpi kita bersamanya dan perjuangan kita sirna begitu saja, yang tersisa hanyalah sebuah luka dan kenangan indah yang terasa pahit.

Kebanyakan orang berfikir bahwa hal yang sangat menyakitkan ialah kehilangan orang yang anda cintai, sebenarnya hal yang sangat menyakitkan ialah saat kita kehilangan diri kita sendiri disaat proses mencintai seseorang dengan sangat, terlebih lagi semuanya berakhir dengan sia-sia. Kadang kita membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melupakan orang yang kita cintai tersebut. Melupakan bahwa sesungguhnya anda juga spesial dan patut mendapatkan kebaikan.

Melupakan orang yang sangat anda cintai bukanlah hal yang mudah, dan tidak bisa dilakukan secepat membalikkan tangan atau dalam waktu satu atau dua hari. Ini adalah proses yang bergantung pada seberapa besar rasa cinta anda pada mantan kekasih anda, hal apa yang ia lakukan pada anda, atau hal apa yang anda lakukan pada mantan anda yang menyebabkan perpisahan pahit diantara anda berdua. Atau lebih tepatnya hal yang membuat hati anda sangat terluka.

Beberapa orang memiliki hati yang lunak dan yang lainnya memiliki hati yang keras, seseorang dengan hati yang lunak membutuhkan waktu yang lama untuk melupakan mantan kekasihnya bisa dalam hitungan bulan maupun tahun,  sedangkan seseorang dengan hati yang keras mudah sekali untuk melupakan.

sedih-patah-hatiLangkah pertama jika anda benar-benar ingin melupakan mantan kekasih anda, yang harus anda lakukan ialah percaya dan menerima bahwa hubungan anda benar-benar telah berakhir serta hubungan itu berakhir karena sebuah alasan. Ya, benar bahwa ia tidak lagi mencintai anda, dan saat ini anda bukanlah kekasihnya lagi, mungkin ia menjalin hubungan dengan anda karena ada tujuan tertentu, atau mungkin ia hanya memanfaatkan anda, dan anda pun terdepak karena mantan kekasih anda tidak menggangap anda berarti baginya dan ia tidak lagi membutuhkan anda. Apapun alasannya terimalah keadaan ini dan maafkan mantan kekasih anda.

Semisal perpisahan/putus/break up dan istilah jaman modern lainnya terjadi karena kesalahan anda, mungkin karena anda berselingkuh atau mendua, atau karena menerima cinta pasangan anda padahal anda sebenarnya tidak mencintainya…apapun yang telah anda lakukan dahulunya, maafkan diri anda. Maafkan diri anda karena tidak sabar, tidak dapat dipercaya, tidak loyal, tidak pengertian dan tidak perhatian. Memaafkan diri anda dapat melegakan hati anda, meredakan dari amarah dan beban rasa bersalah yang anda pikul serta  membebaskan anda dari perasaan sakit dan stress, yang akan menjadi langkah penting dalam proses pemulihan anda.

Langkah kedua ialah lupakan mantan anda. Hal ini juga bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. tetapi anda bisa melakukannya dengan memutuskan komunikasi dengan mantan anda, setidaknya hingga anda benar-benar pulih. Jangan menghubungi mantan anda ( semisal ia meng-sms anda atau mengetes anda, jangan terburu-buru untuk menjawab atau membalas smsnya). Karena hal yang akan dikatakan mantan anda ialah hanya menanyakan bagaimana keadaan anda, mengucapkan kata say hallo, untuk meminta maaf ataupun memohon anda untuk kembali padanya. Namun semua hal itu akan membutakan anda, dan menghambat proses pemulihan diri anda.

pacar-mantan-kenanganSebisa mungkin hapuslah pesan-pesan maupun foto mantan di handphone, computer, atau laptop anda. Dan juga, untuk sementara janganlah anda  mengikuti perkembangan mantan anda di jejaring sosial, percayalah hal ini akan membuat anda semakin lama bangkit dari keterpurukan. Saran saya jangan hapus mantan anda dari pertemanan di jejaring sosial, dan jangan pula menunjukkan bahwa anda sedang berbahagia padahal anda tidak, bersikaplah sewajarnya dan jangan habiskan energi anda untuk menarik perhatian mantan anda. Karena seiring dengan berjalannya waktu anda akan bahagia dan dengan sendirinya dapat menunjukkan bahwa anda baik-baik saja tanpa ia disisi anda.

Jika anda dan keluarga mantan anda memiliki hubungan yang sangat dekat sekali bahkan seperti keluarga, berpamitlah dengan baik-baik. Jika keluarga mantan anda sangat baik kepada anda layaknya keluarga, berterima kasihlah, dan minta maaflah jika mungkin anda memiliki kesalahan dahulunya. Jadikan momen berpamitan ini dengan sebaik-baiknya, sebagai langkah awal melupakan mantan anda.

Disamping itu dalam rangka melupakan mantan anda, sebisa mungkin jauhkan hal-hal yang bisa membangkitkan memori. Maksud saya ialah benda fisik, seperti hadiah, jam, baju, jaket, cincin, dan segala benda yang ia berikan pada anda. Jangan dikembalikan ke mantan anda, cukup jauhkan dari jangkauan anda.

Langkah ketiga ialah jaga jarak anda. Jagalah jarak anda dari teman-teman maupun saudara mantan anda, jangan menghubungi mereka, jangan berbagi rasa sakit anda dengan mereka, jangan memberikan mereka hiburan dengan perbincangan mengenai mantan anda. Cukup orang-orang yang paling dekat dan saudara-sauadara yang mengerti mengenai masalah anda. Jangan mengambil resiko dengan mendatangi tempat yang biasa anda kunjungi dengan mantan anda saat anda masih pasangan yang berbahagia, karena jika anda bertemu dengan teman mantan anda, mereka akan mengingatkan anda tentang mantan anda, dan bisa terdapat kemungkinan anda bertemu dengan mantan anda kembali. jadi berhati-hatilah menjaga jarak anda, jika anda memang benar-benar ingin move on dan melupakan mantan anda.

patah-hati-putus-mantan-pacar-sedih

Langkah keempat ialah cintai diri anda. Ketahuilah bahwa anda ialah sebuah insan yang sangat berharga, anda ialah pribadi yang rupawan, temukan nilai-nilai lebih dari diri anda, hormatilah diri anda, tunjukkan rasa percaya diri anda, ketahuilah bahwa anda dicintai oleh orang-orang terdekat anda, ketahuilah bahwa anda sangat berarti bagi seseorang di luar sana yang juga memiliki kerinduan untuk di cintai. Dan juga makanlah secara teratur, berolah ragalah untuk menjaga penampilan dan untuk menjaga kesehatan anda, sehingga fisik anda akan tetap dalam kondisi baik apapun keadaan anda.

Langkah kelima ialah sibukkan diri anda. Sibukkan diri anda dengan pekerjaan, belajar maupun melakukan aktifitas hobi anda, sebisa mungkin anda harus menjadi produktif, dan yang terpenting dari semua itu berdoalah, berdoalah agar anda mendapatkan hikmah dari itu semua, menjadikan anda pribadi yang lebih baik, tenang dan optimis ke depannya, yakinlah bahwa esok hari anda akan bersinar kembali dan anda harus bangkit dengan sebuah senyuman.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca sekalian walaupun agak panjang sih hehehe, yang penting tetap semangat ya guys ^_^

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Ini Cara Efektif Melupakan Mantan Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s