Ulasan Drama Serial Breaking Bad

breaking-bad-wallpaper

Pertama-tama untuk pembaca yang belum pernah melihat drama Breaking Bad, hehehe tenang saja, saya nggak membocorkan cerita Breaking Bad alias spoiler serial ini secara gamblang kok, ya hanya mengulas garis besar dan karakter pemain di drama ini saja ^_^… alright let’s go

Pada awalnya sih saya sudah tahu jika drama ini merupakan drama dengan rating tertinggi yang tercatat dan termasuk serial yang cukup fenomenal dan sukses di banding serial drama lainnya, bahkan masuk dalam guness book of record sebagai serial dengan rating tertinggi yang prnah di ratinng, namun awalnya nggak tertarik saya hohoho, lagian judulnya aneh sih menurut saya Breaking Bad, tapi setelah nyoba beberapa episode waw waw waw amazing yo man.

walter-white-breaking-bad-wallpaperWalter White

Konsep cerita drama ini cukup unik menurut saya, di awal cerita kita disajikan kehidupan yang normal dari seorang guru kimia, umur 50 tahunan lah, namanya Walter White.  Sosok tokoh utama ini cukup tertutup dan pendiam, terlepas dulunya ia merupakan ahli fisika yang sangat mumpuni. Para koleganya dulu sudah menjadi orang-orang yang sukses jauh melebihi Walter White bahkan salah satunya mendirikan perusahaan kimia, yang sebenarnya Walter White memiliki andil yang cukup besar disana dengan penelitiannya tentang Gray matter, tapi itu dulu, sekarang keseharian Walter White terbilang lumayan sulit, bahkan ia bekerja sambilan di tempat cuci mobil selain menjadi guru kimia. Sampai suatu hari Walter pingsan dan ternyata ia di diagnosa mengidap kanker paru-paru. Dang ! semuanya berubah mulai dari titik ini.

Bagaimana ia menceritakan tentang hal ini ke keluarganya? Bagaimana ia bisa mencukupi biaya berobat , saat cicilan saja banyak yang belum terlunasi, bagaimana nanti jadinya kehidupan keluarga Walter  saat ia merupakan satu2nya tumpuan keluarganya, belum lagi ia akan memiliki seorang bayi beberapa bulan lagi. Sedangakan Walter diperkirakan hanya memiliki waktu 2 tahun untuk hidup.

Kemudian Walter secara tidak sengaja bertemu dengan bekas muridnya Jesse Pinkman, yang merupakan pengedar obat-obatan kelas kecil. Dan Walter mengutarakan ambisinya untuk memproduksi Metafetamin alias sabu-sabu paling murni yang pernah ada. Dan petualangan mereka pun dimulai, dibumbui dengan konflik konflik yang terus berdatangan, karena berbisnis di areal ini bukanlah hal mudah tentunya.

breaking-bad-jesse-pinkmanJesse Pinkman

Nah terus masak cuma ini duank yang bikin serial ini digemari dan di rating sangat tinggi?. Hohoho tentu tidak, menurut saya yang membuat serial ini di gemari ialah karakter2 di serial ini. Sebagai contoh Walter White yang merupakan seorang guru kimia yang cukup pendiam, namun karena kondisi yang mendesak dirinya ia bisa menjadi sangat berambisius dan penuh semangat namun tetap mengutamakan keluarganya.

Dan juga Jesse Pinkman yang merupakan pengedar obat-obatan jalanan,  tidak digambarkan sekasar pengedar obat-obatan yang biasa kita lihat di televisi,  bahkan ada beberapa adegan Jesse Pinkman yang mengundang simpati kita. Tapi menurut saya nih Jesse lebih digambarkan berpikiran pendek dan ceroboh sedangkan Walter white berpikiran panjang dan penuh pertimbangan serta kehati-hatian. Karakter Jesse yang tidak statis ini kadang-kadang menyebabkan sebuah kendala baik itu kecil maupun besar, karena hal-hal inilah Jesse  nantinya harus menanggung konsekuensi dari pilihan maupun tindakan yang telah dilakukannya.

hank-breaking-badHank

Juga ada tokoh Hank, yang merupakan anggota DEA ( Polisinya Narkotika) dan saudara ipar dari Walter, yang karakternya digambarkan sangat-sangat sok banget, sok kuat and sok berani, kadang-kadang pamer ke orang-orang tentang penangkapan yang telah ia lakukan.  Tapi sebenarnya tidak demikian, Hank sangat ketakutan dengan dunia Narkotika ini, memang benar kadang-kadang Hank sok ngerjain pengedar eceran, tapi untuk pengedar besar, wah itu hal yang lain menurut Hank.  Disamping itu semua, Hank memiliki keahlian penyelidikan yang sebenarnya jauh melebihi anggota DEA yang lain.

Banyak karakter di serial Breaking Bad ini yang digambarkan dengan dua sisi secara terbuka, sisi positif atau neagitif  masing-masing karakter, sehingga penonton bisa memiliki pandangan yang beragam.  Juga konflik yang dihadapi bermacam-macam pula, tidak selalu terkait dengan dunia yang gelap, dan dalam serial ini juga disajikan gambaran akan konsekuensi penggunaan narkoba maupun peredarannya yang bisa berakibat fatal.

skinny-pete-breaking-badSkinny Pete

Salah satu karakter pembantu yang cukup digemari penonton yaitu Skinny Pete, seperti namanya Pete sangat kurus sekali dan selalu mamakai penutup kepala yang sama, merupakan salah satu teman Jesse Pinkman selain Badger, yang menarik dari Pete ialah karakternya di Breaking Bad sangat pas sekali, ia berperan sebagai pengedar narkoba kelas teri, lho kok bisa kelas teri lho? Ya jelas sih menurut saya, masak pengedar narkoba kena palak saat menjual hehehe,  walau tampangnya agak serem ala gangster narkoba, di serial ini Pete tidak digambarkan sebagai tokoh dengan kekerasan, ataupun berambisius menjual narkotik. Karakternya kadang membawa suasana humor.

Misalnya saja saat Pete disuruh menjual narkotik di rehabilitasi narkoba, Pete mengatakan tidak bisa menjualnya karena suasana di rehabilitasi sangat positif sekali. Atau saat Jesse bertanya ke Badger dan Pete bagaimana perkembangan penjualan sabu-sabu kelas utama yang telah diproduksi, Badger mengatakan kesulitan menjualnya, dan hanya mampu menjual satu paket kecil.  Saat ditanyai Jesse ke siapa Badger menjual satu paket kecil itu, Badger menjawab ia menjualnya ke Pete. ^_^

Disamping penokohan karakter di drama ini yang menjiwai dan terlihat hidup, ada beberapa faktor lainnya yang membuat serial ini mendapatkan rating dan penonton yang tinggi jumlahnya, yaitu : kedetailan dalam drama, kompeksitas cerita, kualitas drama yang tetap dalam performa prima hingga serial ini berakhir dan juga visualisasinya yang sangat keren. Kedetailan serial Breaking Bad wah patut di acungi jempol, kadang nih kalau kita melihat sebuah serial,sinetron, atau drama seringkali sebuah hal yang telah terjadi tidak ada pengaruhnya di episode selanjutnya, kadang malah dilupakan begitu saja, dan kita sebagai penonton sering berfikir ” lho, yang kemaren itu terus apa maksudnya?” , tetapi di serial Breaking Bad hal itu tidak terjadi, dan inilah yang membuat Breaking Bad terbilang istimewa.

Kalau kompleksitas cerita Breaking Bad ini menurut saya sangat bagus sih, penonton seakan-akan di ajak berfikir seperti Walter, merasakan emosi tiap-tiap karakter, dan juga memecahkan masalah yang muncul, bahkan menebak-nebak arah cerita tiap episode yang sangat sulit ditebak dan juga kejutan-kejutan tak terduga yang membuat kita terdiam sejenak.

Serial Breaking Bad yang sudah saya lihat dari episode awal hingga akhir, saya akui kualitasnya tetap terjaga dengan baik, dengan suspensi-suspensi dan intrik yang bervariasi, sering sekali sebuah serial setelah melalui beberapa season tiba-tiba seakan-akan kehilangan arah tujuan cerita, penonton dibuat bimbang dengan arah cerita yang entah dibawa sampai kemana dan akhir yang tak jelas ujungnya, hingga penonton tak peduli lagi dengan serial tersebut. Dalam serial Breaking Bad ini penonton diajak berkeliling melintasi cerita yang menantang, dan kita sebagai penonton sejak awal sudah bisa menebak akhir tujuannya, tapi kita tidak bisa menebak sebagaimana berbahaya perjalanan dan hal-hal yang akan terjadi. Dan jangan lupa mengenai visualisasi Breaking Bad, jika anda mengamati dengan cermat kemana kamera menangkap sebuah moment, maka anda bisa menemukan sebuah korelasi yang terjadi di episode selanjutnya.

Yap.. itulah sekilas ulasan mengenai drama Breaking Bad ini, oh iya drama ini sangat tidak disarankan untuk dilihat oleh anak-anak di bawah umur karena banyak adegan di serial ini yang mengandung kekerasan, dan harus dengan pendampingan orang tua. Karena serial ini mengandung unsur-unsur  seperti : Violence and gore, Profanity,Alcohol/Drugs/Smoking, and Frightening/Intense Scenes, and strong language, dan lain-lain,

breaking-bad-wallpaper-full-cast

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s