10 Prajurit Gladiator Paling Terkenal dan Legendaris

Priscus and Verus Gladiator

Priscus dan Verus

Kedua tokoh ini telah memenangkan sejumlah perkelahian dalam karir mereka masing – masing sebagai gladiator yang sangat tangguh. Tetapi keduanya kebanyakan dikenal karena pertempuran terakhir mereka yang legendaris di mana mereka berhadapan satu sama lain.

Priscus dan Verus bertempur dalam pertandingan epik di abad pertama Masehi di Amfiteater Flavia yang terkenal (Coloseum). Dan pertempuran terakhir mereka, juga merupakan ajang tontonan terbesar pertama di arena Flavia. Momen bersejarah ini pun didokumentasikan secara rinci oleh penyair yang bernama Martial.

Setelah bertempur selama berjam-jam dalam pertandingan yang sangat menegangkan, kedua prajurit gladiator ini menyerah kepada satu sama lain pada waktu yang sama. Karena menghormati keahlian dan ketekunan masing-masing, dua gladiator ini pun meletakkan pedang mereka, yang kemudian disambut apresiasi menderu dari penonton.

Penyelenggara acara tersebut, yaitu Kaisar Titus juga tergerak oleh bagaimana cara pertempuran tersebut berlangsung. Kaisar Titus kemudian menganugerahi keduanya dengan “rudis” yaitu berupa pedang kayu kecil yang memberikan kebebasan kepada gladiator saat masa pensiun.

Marcus Attilius Gladiator

Marcus Attilius

Ketika Marcus Attilius bertempur dalam pertandingan pertamanya sebagai gladiator, dia hanya seorang pemula muda dan diberi sebutan dengan “tiro” yaitu sebuah gelar yang diberikan kepada seorang gladiator yang baru memulai karirnya. Biasanya, penyelenggara akan mempertandingkan gladiator dengan status dan pengalaman yang serupa selama pertempuran berlangsung.

Namun takdir berkata lain, Marcus Attilius ternyata menghadapi Hilarus yaitu gladiator kekaisaran yang telah bertempur selama empat belas pertempuran dan memenangkan dua belas di antaranya. Marcus Attilius pada awalnya merupakan masyarakat biasa, yang kemudian bergabung menjadi gladiator untuk membayar hutangnya yang sangat banyak.

Dan ketika semua orang yakin bahwa Marcus tidak memiliki kesempatan, pendatang baru ini justru mendapatkan kemenangan mendebarkan melawan Hilarus sang prajurit gladiator yang berpengalaman itu, dan membuat para penonton terperangah.

Kemudian mulailah legenda Marcus Attilius sang gladiator, yang pada kesempatan lainnya juga mampu mengalahkan gladiator tangguh seperti Raecius Felix yang telah memenangkan dua belas pertandingan berturut-turut.

Light Next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s