Mengetahui Definisi Psikologi

Psikologi adalah studi tentang pikiran -sarana yang orang belajar, berpikir, dan merasa. Psikologi juga merupakan studi tentang perilaku atau apa yang orang lakukan. Para ilmuwan yang mempelajari ilmu psikologi disebut psikolog.

PsikologiPsikolog bukan satu-satunya ilmuwan yang mempelajari orang. Sosiolog dan antropolog budaya juga mempelajari orang. Tapi mereka mempelajari orang dengan cara yang berbeda. Sosiolog mempelajari bagaimana orang berhubungan satu sama lain dalam berbagai pengaturan. Misalnya, mereka membandingkan kehidupan keluarga antara orang-orang yang bekerja dan menganggur.

Antropolog budaya mempelajari berbagai budaya. Mereka bisa saja membandingkan kebiasaan orang di Mexico City, Meksiko, dengan orang-orang di Tokyo, Jepang. Psikolog berbeda dengan sosiolog dan antropolog. Mereka umumnya berfokus pada individu, baik sendirian ataupun dalam kaitannya dengan lingkungan mereka.

Psikolog umumnya memiliki empat tujuan yang meliputi deskripsi, penjelasan, prediksi, dan modifikasi perilaku (perubahan). Psikolog menggunakan berbagai metode untuk menentukan masalah yang dihadapi seseorang. Mereka memilih metode yang paling sesuai dengan masalah tertentu.

Psikologi juga menggunakan tes. Tes adalah prosedur untuk mengukur karakteristik. Tes dapat mengukur berbagai jenis karakteristik. Tes kemampuan akan mengukur seberapa baik Anda dapat melakukan sesuatu. Contohnya adalah mengingat nama atau wajah. Tes prestasi akan mengukur pengetahuan Anda tentang pelajaran sekolah.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s