Mengenal Kota Seoul yang Eksotis

Seoul adalah ibukota Republik Korea (Korea Selatan). Seoul adalah salah satu kota terbesar di dunia. Bersama dengan wilayah sekitarnya, kota ini memiliki populasi hampir 10 juta jiwa. Hal ini menjadikan  Seoul rumah bagi hampir satu dari setiap lima warga Korea Selatan.

SeoulSeoul menjadi ibukota Republik Korea pada tahun 1948. Kota ini sempat mengalami kerusakan berat selama Perang Korea (1950-1953). Namun, Seoul segera direkonstruksi dan kini menjadi sebuah kota modern yang dinamis dan pusat industri Korea Selatan yang pesat. Kota ini juga merupakan pusat pendidikan dan kebudayaan utama Korea Selatan.

Bagian asli dari kota Seoul, di utara Sungai Han, penuh sesak. Daerah ini memiliki gang-gang kecil dengan blok luas. Daerah ini juga masih mempertahankan banyak peninggalan masa lalu di Seoul, seperti istana kerajaan, kuil leluhur, dan museum.

Sebaliknya, daerah yang dikenal sebagai Kangnam (yang berarti “selatan sungai”) ini telah menjadi sebuah karya perencanaan kota modern. Kangnam memiliki jalan-jalan yang luas, kompleks apartemen, taman, pusat seni, dan kawasan industri. Pulau Yoido adalah rumah bagi legislatif nasional dan banyak gedung perkantoran terbaru dan tertinggi di kota.

Sebuah proyek pembangunan sungai ambisius telah mengubah Han. Sungai yang dulu beraliran lumpur ini sekarang menjadi tempat rekreasi yang indah. Daerah ini memiliki bermil-mil taman publik di sepanjang tepi sungai. Di sepanjang sungai Han banyak terdapat fasilitas olahraga, termasuk fasilitas yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1988 serta Stadion Piala Dunia Seoul, di mana Korea menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

One thought on “Mengenal Kota Seoul yang Eksotis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s