Bahaya dan Manfaat Ozon

Ozon, O3, adalah bentuk oksigen yang mengandung tiga atom oksigen, bukan dua seperti yang ditemukan dalam oksigen yang kita hirup bersama. Ozon memiliki massa molekul 48. Seperti oksigen, ozon adalah gas. Tetapi ozon memiliki bau menyengat yang tajam. Nama “ozon” berasal dari kata Yunani yang berarti “bau.”

OzonOzon memiliki sisi yang menguntungkan dan membahayakan bagi kehidupan. Dalam atmosfer yang lebih rendah, ozon yang diproduksi oleh industri adalah polutan, yang dapat merusak sel-sel tumbuhan dan hewan. Beberapa kota besar memiliki tingkat bahaya ozon ketika konsentrasi ozon cukup tinggi dan mengancam kesehatan penduduknya.

Tapi kelangsungan kehidupan di bumi ini dimungkinkan karena sifat ozon. Di bagian atas atmosfer, atau stratosfer, lapisan ozon menyerap radiasi ultraviolet yang berbahaya dari matahari. Ozon menjaga radiasi agar tidak mencapai permukaan bumi, di mana ia dapat merusak makhluk hidup.

Dalam beberapa tahun terakhir, lubang di lapisan ozon semakin membesar di atas belahan bumi selatan. Lubang ini adalah area di mana jumlah ozon jauh lebih rendah daripada biasanya di sepanjang tahun. Lubang ini berpusat di atas Antartika. Fenomena ini biasanya berlangsung dari bulan September sampai Desember, yang merupakan musim semi di belahan bumi selatan. Eksposur yang lebih besar terhadap radiasi ultraviolet sebagai akibat penipisan lapisan ozon dikaitkan dengan meningkatnya sejumlah penyakit seperti katarak dan kanker kulit.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s