Apa Itu Gangguan ADHD?

Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang umumnya didiagnosis pada anak-anak. Anak-anak penderita ADHD memiliki kesulitan besar dalam menjalankan tugas-tugas yang melibatkan duduk diam dan memperhatikan. Gejala ADHD dibagi menjadi dua kategori perilaku, kurangnya perhatian dan hiperaktif atau impulsif.

ADHDBeberapa anak memiliki gejala dari kedua jenis. Dan anak-anak lain sebagian besar memiliki satu jenis saja. Individu yang mengalami gejala kurangnya perhatian akan sulit berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas sekolah. Mereka mudah terganggu dan mereka sering lupa. Anak-anak dengan gejala hiperaktif akan gelisah dan berbicara secara berlebihan. Dan mereka memiliki kesulitan menunggu giliran mereka.

Gejala ADHD berbeda dari energi masa kecil yang normal. Perilaku anak-anak dengan ADHD tergolong ekstrim jika dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia yang sama. Perilaku tersebut juga menyebabkan masalah yang signifikan di rumah dan di sekolah.

Sebuah skala rating sering digunakan untuk mengevaluasi perilaku anak. Skala ini biasanya diisi oleh orang tua dan guru anak. Diagnosis dibuat setelah pemeriksaan dilakukan oleh psikiater, dokter anak, atau psikolog.

Sekitar 3 sampai 5 persen dari anak-anak usia sekolah di Amerika Serikat diperkirakan menderita gangguan ADHD. Ini berarti dalam satu kelas yang terdiri atas 20 sampai 30 orang siswa rata-rata ada satu anak penderita ADHD. Anak laki-laki empat kali lebih mungkin didiagnosis dengan ADHD dibandingkan anak perempuan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s