Momen Nostalgia, Ingatkah Anda dengan Band The Cranberries?

The Cranberries

Ah, waktu sunguh terasa cepat sekali berlalu. Rasanya baru kemaren, di sela-sela istirahat sekolah salah satu teman membawa sebuah gitar dan menanyakan apakah mau bernyanyi bersama menyayikan lagu-lagu The Cranberries. Dengan bermodalkan majalah Hot Chord yang berisi kumpulan lagu The Cranberries beserta kunci gitarnya, kami pun bernyanyi beriringan duduk di area taman sekolah sembari menikmati suasana.

Kadang sesuatu yang simple tetapi luar biasa terjadi pada sebuah masa dan kelak akan menjadi kenangan tersendiri, sesuatu yang personal bagi kita. Begitu juga saat mendengarkan beberapa musik The Cranberries yang sudah saya sukai sejak kecil (kakak saya yang mengenalkannya). Ada sebuah memori nostlagia saat alunan lagu The Cranberries terdengar kembali, mengingatkan saat lagu-lagu band ini sering di putar di radio, khususnya lagu Zombie, Just My Imagination, Animal Instinct dan Ode to My Family.

Band yang berasal dari Irlandia ini di bentuk pada tahun 1990 dan beranggotakan 4 personel, dengan vokalis wanita yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu Dolores O’Riordan. JIka Anda masih ingat, video klip “Zombie” sering di putar di televisi sekitar tahun 1995 (kalau tidak salah). Saat itu hingga beberapa tahun kemudian beberapa stasiun televisi sering menayangkan video klip musik sewaktu-waktu, juga banyak acara musik yang memutar banyak video klip lagu. Kalau sekarang sepertinya trendnya sedikit berbeda, acaranya musik tapi sedikit musiknya..hmmm.

Tahukah Anda bahwa kedua personel The Cranberries, Noel Hogan (guitar) dan Michael Hogan (bass) yang merupakan saudara ini, pada awalnya membentuk boy band bersama dengan Fergal Lawler (drum) sebelum bergabungnya Dolores O’Riordan sebagai vokalis utama dan penulis lagu. Awal kesuksesan band ini di mulai saat lagu “dream’ di rilis pada september 1992 yang kemudian menempati urutan pertama setelah di rilis ulang dua tahun kemudian. Lagu “Zombie” yang ada di album kedua (No Need to Argue 1994) kemudian juga menyusul menempati posisi pertama dan triple platinum kurang dari setahun sejak di rilis.

The Cranberries Dolores

Dolores O’Riordan

Ke empat anggota personil The Cranberries ini berasal dari kota yang sama yaitu Limerick, Irlandia. Bahkan menurut salah satu sumber, mereka tidak hanya berasal dari satu kota, lahir di kota yang sama, tetapi juga di lahirkan di rumah sakit yang sama yaitu Limerick’s Maternity Hospital di tahun 70-an. Dolores O’Riordan juga mengetahui ada audisi penyanyi band dari teman sekolahnya, dan ia akhirnya terpilih menjadi anggota band sebagai vokalis karena suara yang di milikinya sangat khas. Bahkan suara Dolores tak dapat di pungkiri merupakan daya tarik terbesar dari band ini.

Sayangnya puncak karir band ini tidak begitu lama setidaknya hanya dalam kurun waktu 12 tahun sejak awal di bentuk, bahkan The Cranberries rehat sejenak sebelum di tahun 90-an. Penyebabnya ialah adanya shock paska kesuksesan yang luar biasa dari The Cranberries yang terduga sebelumnya. Kehidupan mereka yang normal tiba-tiba tersorot banyak kamera, bahkan sang vokalis membutuhkan dampingan dari psikiater untuk mengatasi serangan panik (Panic attacks). Dolores mengatakan bahwa saat itu ia tidak dapat mengatasi perhatian media yang sangat gencar di usianya yang masih muda, ia masih berumur 18 tahun saat bergabung dengan The Cranberries.

Di tahun 2004, The Cranberries memutuskan untuk vakum dan juga awal karir Dolores sebagai penyanyi solo. Pada tahun 2009 mereka memutuskan untuk reuni, dan tiga tahun kemudian merilis album “Roses” (2012).

-LampuKecil.com-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s